Sukses

Cara Mencuci Mobil Seperti Profesional, Begini Langkahnya

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci mobil sudah menjadi rutinitas wajib bagi pemilik kendaraan. Namun, untuk melakukan perawatan dan menghilangkan kotoran dari roda empat kesayangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan benar.

Berikut, langkah mencuci mobil layaknya pencuci profesional yang dilansir dari Popularmechanics, yang diperagakan langsung oleh Mike Pennington dan Rick McDonough dari Meguiars:

1) Periksa Terlebih Dahulu Kondisi Kendaraan

Mengenal bagian mobil akan membantu pemilik menentukan bagaimana kendaraan dibersihkan. Untuk mobil baru dengan lapisan coating dan wax yang baik, mungkin hanya butuh dicuci.

Sebaliknya, untuk mobil dengan eksterior standar, diperlukan cuci mobil dan juga dipoles.

2) Baca Petunjuk

Sebelum menggunakan segala jenis bahan kimia pembersih mobil, penting bagi pemilik kendaraan untuk membaca petunjuknya atau labelnya.

3) Gunakan Sampo Cuci Mobil

Saat melakukan pencucian mobil, selalu gunakan sampo atau sabun mobil. Jangan pernah menggunakan deterjen cair, atau pencuci piring yang dapat merusak cat dan coating mobil.

Selalu bilas mobil Anda, untuk menghilangkan kotoran, setelah itu baru gunakan lap atau microfiber untuk mengeringkan permukaan mobil.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

4) Cek Permukaan Mobil

Setelah mencuci mobil, selalu periksa permukaan cat apakah ada yang tergores, sisa kotoran, atau oksidasi pada cat. Jika ada goresan atau sisa kotoran yang belum dihilangkan, segera bersihkan.

5) Poles Mobil

Sebanarnya, langkah ini tambahan. Namun, jika mobil Anda ingin terlihat selalu kinclong, jangan lupa poles setiap habis mencuci mobil.

6) Wax

Agar mobil terlihat tetap bersih dan kinclong, serta cat yang lebih tahan lama, gunakan wax seperti tabir surya agar mobil terlindungi dari sinar ultraviolet.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

7) Jaga Kebersihan Lap Mobil Anda

Anda telah membersihkan mobil, dan melindungi mobil agar tetap kinclong, namun jangan lupa periksa lap atau microfiber yang tersimpan di mobil. Pasalnya, jika lap tersebut kotor, dan saat hendak digunakan mendadak, mobil bukan terlihat bersih malah tambah kotor.

8) Bersihkan Jendela dan Pelek

Setelah melakukan pencucian, dan perawatan jangan lupa bersihkan jendela. Bisa menggunakan pembersih, agar Anda tetap memperoleh visibilitas yang baik.

Terakhir, jangan lupa selalu bersihkan pelek mobil, agar tampilan tetap keren.

 

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Pintu Tak Kencang, Bocah Terlempar dari Mobil

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
5 Langkah Mudah Mengecek Mobil Sebelum Berlibur Akhir Tahun
Artikel Selanjutnya
Berburu Mobil Bekas Melalui Dunia Maya, Perhatikan 4 Hal Ini