Sukses

10 Alasan Konsumen untuk Memilih SUV

Liputan6.com, Jakarta - Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) kini cukup banyak peminatnya. Tal hanya di pasar global, SUV kini semakin laris baik di Asia Tenggara maupun Indonesia sendiri.

Saking lakunya SUV, bahkan perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors dengan merek mobilnya Chevrolet, telah melakukan riset dan menemukan alasan konsumen di Tanah Air memiliki SUV.

Ternyata, alasan pemilihan SUV ini termasuk pada desain interior lapang hingga eksterior tangguh. Hal ini pula yang diimplementasikan Chevrolet terhadap model SUV unggulannya, Trailblazer sebagai salah satu opsi mengarungi pasar otomotif di Indonesia.

Dalam keterangan tertulisnya, Chevrolet menyatakan, para pelanggan SUV umumnya memiliki hingga empat orang atau lebih anggota keluarga dan gemar melakukan hobi serta kegiatan bersama, seperti berolahraga atau travelling.

Terlebih lagi, mereka rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Berikut 10 alasan SUV menjadi pilihan masyarakat di Indonesia:

2 dari 5 halaman

1. Lebih Banyak Bawa Penumpang

Kebanyakan sedan hanya membawa empat hingga lima penumpang, sehingga menyulitkan keluarga besar untuk bepergian bersama-sama. Sementara itu, SUV yang memiliki tiga baris kursi penumpang dan dapat menampung hingga tujuh orang.

2. Lebih efisien dengan kargo lebih banyak

Tak hanya membawa penumpang, tempat duduk lipat di barisan belakang menawarkan kapasitas membawa kargo dua hingga tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan sedan atau small hatchback.

Kapasitas ruang kargo yang luas di SUV membuat Anda lebih mudah untuk barang-barang yang lebih besar seperti kotak, koper, perlengkapan olahraga, dan bahkan sepeda maupun perabotan.

3. Bahan bakar

Produsen mobil saat ini sedang melakukan beberapa percobaan untuk membuat mobil SUV Anda menjadi lebih hemat bahan bakar, seperti menerapkan desain yang lebih aerodinamis dan teknologi hemat bahan bakar seperti mesin perpindahan yang lebih kecil, dan material struktural canggih untuk mengurangi berat - dimana hal-hal tersebut dapat membuat penggunaan bahan bakar Anda meningkat.

 

 

3 dari 5 halaman

4. Lebih Aman

Menurut analis industri, SUV umumnya merupakan kategori kendaraan penumpang yang paling aman. Menurut para ahli SUV efektif untuk melindungi penumpang, asalkan semua orang mengenakan sabuk pengaman, dan anak-anak serta bayi menggunakan child seat dengan baik di kursi belakang.

5. Melibas Semua Jalur

Sebagian besar pemilik SUV tidak pernah pergi off-road, kecuali mereka tempat parkir dengan kerikil di pasar akhir pekan sebagai off-road.

Namun, tidak seperti mobil biasa, SUV memungkinkan pengemudi untuk pergi ke berbagai tempat untuk menikmati petualangan luar seperti berkemah, memancing, dan hiking.  Hal ini karena ground clearance  tinggi dan mampu maksimum di off-road atau kondisi jalan yang licin. Sederhananya, sebuah SUV dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya - mulai dari pantai berpasir hingga jalur hutan berlumpur.

6. Nyaman Membawa Anak atau Hewan Peliharaan

SUV menawarkan lebih banyak ruang di kursi belakang untuk child seat dan legroom untuk anak-anak berbadan besar. Juga, baris ketiga atau area kargo menawarkan banyak ruang untuk hewan peliharaan keluarga dan/atau kandang hewan peliharaan.

  

 

4 dari 5 halaman

7. Menenerjang Genangan dan Banjir

Kendaraan bertenaga tinggi dapat beroperasi di genangan air yang lebih dalam daripada sedan, tetapi sebelum Anda “menyelam” temukan kedalaman yang dapat diarungi kendaraan Anda.

8. Pengaturan Tempat Duduk

Posisi tempat duduk menawarkan pandangan lebih daripada mobil biasa. Hal ini menambah perasaan keselamatan dan keamanan, karena memungkinkan pengemudi untuk melihat ruang terbuka di tempat parkir, puing-puing di jalan raya atau bahaya lainnya seperti berlubang.

Selain itu, akses masuk dan keluar dari mobil yang rendah dapat menjadi hal sulit bagi banyak orang, terutama orang yang lebih tua atau mereka yang memiliki keterbatasan fisik.

9. Daya Angkut “big boys toys”

Jika Anda memiliki hobi di luar ruangan yang membutuhkan banyak “peralatan”, atau sesuatu yang tidak dapat dengan mudah anda kendarai dengan mobil biasa, seperti sepeda balap atau sepeda gunung, sepeda trail motocross, sepeda besar,  kayak / kano, maka Anda mungkin akan membutuhkan SUV atau truk pickup.

10. Terlihat Keren dan Gagah

Meskipun beberapa orang membeli SUV karena mereka membutuhkan kendaraan yang lebih besar, atau ingin bepergian dengan jalur off-road, kebanyakan orang membeli SUV karena mobil ini memiliki gaya kendaraan paling populer.

Untuk satu hal, ini adalah pilihan yang masuk akal, karena produsen mobil biasanya menawarkan fitur dan teknologi paling mutakhir tentang SUV sebelum menawarkannya pada mobil biasa. Itu juga merupakan pilihan emosional. Orang menyukai gaya itu, karena itu menunjukkan kepada dunia orang yang mereka inginkan: Ingin percaya diri, cakap, dan sukses.

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ketika 2 SUV Murah dari Cina Adu Kemampuan, Siapa Unggul?
Artikel Selanjutnya
Rival Baru Toyota Fortuner, Harga Lebih Murah Rp 100 Jutaan