Sukses

Komunitas Xpander Iri dengan Versi Ekspor, Ini Tanggapan Mitsubishi

Bukan masalah produk gagal atau hal lainya yang dijual di Tanah Air, melainkan para pemilik mengeluhkan fitur yang dibenamkan Xpander untuk pasar ekspor dianggap lebih lengkap daripada model domestik.

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai janjinya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tak hanya menjual Xpander untuk pasar domestik, namun juga ekspor ke Filipina dan Thailand sejak April 2018 lalu.

Namun begitu, beberapa bulan setelah Xpander diekspor ternyata muncul keluhan dari sejumlah pemilik mobil keluarga dari Indonesia.

Bukan masalah produk gagal atau hal lainya yang dijual di Tanah Air, melainkan para pemilik mengeluhkan fitur yang dibenamkan Xpander untuk pasar ekspor dianggap lebih lengkap daripada model domestik.

Menanggapi hal tersebut, Head of MMC Sales and Marketing Group KTB Imam Choeru Cahya angkat bicara. Kata dia, fitur yang dibenamkan pada Xpander ekspor terlebih dahulu sudah dilakukan studi terlebih dahulu.

“Fitur-fitur yang ada sekarang tentunya hasil feasibility setelah tiga tahun. Tahun demi tahun kan selalu berkembang,” ucap Imam mengawalin pembicaraan saat ditemui usai acara Xpander Tons of Real Happiness di Summarecon Mall Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/7/2018).

Imam juga menyatakan,fitur yang dibenamkan pada dasarnya telah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing negara, termasuk spesifik customer, general customer, helicopter view, dan lainnya.

Sebaliknya, jika ada yang menganggap fitur untuk model ekspor lebih lengkap dari model pasar domestik, maka hal tersebut akan dipelajari Mitsubishi Indonesia.

“Nah, kalau permintaan cukup banyak kami akan studi. Kalau di negara lain mungkin ada regulasi dan segala macem yang mewajibkan seperti itu,” terang Imam.

“Kami juga pasti ke depannya, kalau memang konsumen dan regulasi mengharuskan itu, ya kami pasti,” lanjutnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surat Terbuka untuk MMKSI

Sebelumnya beredar kabar ada sebuah surat terbuka yang diperuntukan kepada MMKSI. Berikut isi pernyataan surat tersebut.

Surat terbuka kepada MMKSI.

Dengan hormat,

Sehubungan dengan kecanggihan dari Mitsubishi Xpander terutama di sektor ECU nya yang mana terdapat beberapa feature tersembunyi. Dan akhir2 ini banyak sekali ahli2 yang menawarkan untuk membuka fitur yang sebenarnya sudah ada di dalam ECU tsb didalam program ETACS yang sebenarnya bisa di setting present yang mana standar dari MMKSI adalah not present.

Kemudian berlanjut dengan adanya Xpander untuk pangsa ekspor yang mana terdapat fasilitas Cruise Control (cc) dan tidak terdapat di Xpander untuk pasar Indonesia.

Dan kemungkinan juga akan berlanjut untuk remapping ECU untuk peningkatan performa mesin sampai batas atas. Dan sebagainya.

Melalui surat terbuka ini, perkenankan lah kira nya dari pihak MMKSI untuk memberikan pernyataan resmi sehingga customer Xpander khususnya kami yang di X-MOC ini menjadi lebih mengerti dan paham akan resiko dan akibatnya terutama dalam hal garansi dari Xpander yang kami beli dalam keadaan baru dan masih di jamin garansi dari pihak MMKSI.

Kami sadar, tentunya bila bicara tegas tentunya pihak MMKSI tidak akan memperbolehkan apapun bentuknya perubahan dari spesifikasi setting yang sudah dikeluarkan oleh pihak pabrik. Tapi sebagai customer apalagi melihat kecanggihan yang ada di low MPV Mitsubishi Xpander ini tentunya akan tertarik dan mempunyai keinginan untuk mengaktifkan fitur yang sebenarnya ada yang mana mungkin tidak terdapat di low MPV merk lainnya.

Dalam kesempatan ini juga, kiranya dari pihak MMKSI dapat memberikan masukan tentang resiko keselamatan yang akan ditimbulkan (contoh type MT ditambahkan Cruise control yang mana sehemat saya cc dikeluarkan untuk type AT dari pabrik mobil, atau bisa saya salah)

Kami sadar tentunya apabila jawaban tegas pastinya hanya boleh dan tidak diperbolehkan. Dalam kesempatan ini sudi kiranya dari pihak MMKSI bisa sedikit memberikan toleransi kepada kami pemilik Xpander di Indonesia untuk bisa sedikit menikmati rasa Xpander yang di ekspor, setidaknya mungkin jawaban yang kami harapkan adalah 1. Toleransi/masih diperbolehkan (Garansi masih berlaku) 2. Tidak diperbolehkan (garansi tidak berlaku dan untuk garansi bagian mana tolong dijelaskan supaya kami tahu akan resikonya) 3. Dilarang/membahayakan

Tentunya banyak list yang harus dibuat diantaranya :1. Present Autolock/unlock,dll (mengaktifkan feature yg sudah ada tanpa tambahan modul) 2. Menambah Cruise control, back foglamp tentunya dengan penambahan modul dan switch control nya 3. Remapping ECU untuk peningkatan performa mesin4. Dll

Kepada ahli diluar jaminan garansi MMKSI saya mohon maaf sebelumnya apabila surat ini menyinggung. Surat ini dibuat hanya untuk memberikan rasa tenang mengenai kepastian jaminan garansi yang seharusnya kita dapatkan sebagai konsumen dari MMKSI khususnya bagi members X-MOC yang ada disini semua.

Semoga surat yang dibuat ini juga mewakili rasa keinginan tahuan dari members X-MOC yang ada disini untuk kepastian tentang jaminan garansi.

Kami sangat mengharapkan kiranya pihak MMKSI juga dapat memberikan jawaban dengan surat terbuka yang bisa di post di FB X-MOC kami ini.

Sebelum dan sesudah nya saya ucapkan banyak terima kasih atas hubungan yang begitu harmonis yang sudah terjalin selama ini antara X-MOC dan MMKSI dan kedepannya tentunya akan semakin harmonis.

Sekali lagi mohon maaf yang sebesar besarnya apabila ada pihak yang merasa dirugikan dengan surat terbuka saya ini.

Hormat saya,

JW X-0101

cc : Yth. om Budi Daulay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.