Sukses

Dana Mentok di Rp 110 Juta, Pilih Suzuki Karimun atau Datsun Go?

Liputan6.com, Jakarta Mobil menjadi moda transportasi yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena permintaan yang cukup tinggi, banyak pabrikan mencoba peruntungan di beberapa kelas sekaligus, salah satunya ialah mobil keluarga dengan harga murah.

Di sektor tersebut, ada dua model yang ditawarkan, yaitu seri terendah Datsun GO D MT dan Suzuki Karimun Wagon R GA Airbag. Keduanya dibanderol di bawah Rp110 juta, Datsun GO mencapai Rp103 jutaan sedangkan Suzuki Karimun Wagon R Rp107,5 jutaan.

Kedua mobil tersebut sama-sama mampu menampung lima orang sekaligus. Selain itu, dimensinya tak terlalu berbeda. Datsun GO memiliki panjang 3.788 mm, lebar 1.636 mm, dan tinggi 1.507 mm. Sedangkan Suzuki Karimun Wagon R memiliki panjang 3.600 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.670 mm.

Meski Datsun GO memiliki mesin yang lebih besar, 3-silinder 1,2 liter DOHC, tenaganya hanya mencapai 67 Tk, sama dengan Suzuki Karimun Wagon R yang dibekali dapur pacu 3-silinder 998cc. Namun, torsi Datsun GO sebesar 104 Nm, sedangkan Suzuki Karimun Wagon R hanya 90 Nm.

Soal fitur, tak terlalu banyak perbedaan antara keduanya. Fitur yang ada pada Datsun GO dan tidak terdapat pada Suzuki Karimun Wagon R hanyalah power steering. Sementara itu, Karimun Wagon R memiliki airbag dan foglamp.

Sumber : Otosia.com

 

2 dari 4 halaman

Punya Uang Rp 200 Jutaan, Pilih Honda Jazz atau Toyota Yaris?

Segmen mobil hatchback terbilang masih diminati. Desainnya yang ditawarkan mobil hatchback terbilang unik, terkesan muda serta agresif. Tak heran jika yang menggunakan mobil jenis tersebut ialah anak muda.

Dua mobil yang cukup diminati di kelas hatchback ialah Honda Jazz dan Toyota Yaris. Karena ketatnya persaingan antara keduanya, calon pembeli terkadang bingung dalam menentukan pilihan.

 

 

 

Baik Honda Jazz maupun Toyota Yaris memiliki varian dengan harga di bawah Rp250 Juta, yaitu Honda Jazz MT seharga Rp236 juta dan Toyota Yaris 2018 E Grade MT yang dibanderol Rp235,4 juta.

Bukan hanya harga yang setara, spesifikasi mesin keduanya pun tak jauh berbeda. Baik Honda Jazz maupun Toyota Yaris sama-sama mengusung mesin 1,5 liter. Namun, dari segi tenaga dan torsi, Honda Jazz sedikit lebih unggul.

Dapur pacu Honda Jazz dengan kubikasi 1.497cc mampu memompakan daya sebesar 118 Tk dengan torsi mencapai 145 Nm. Sementara itu, mesin Toyota Yaris 2018 hanya bertenaga 109 Tk dan torsinya 140 Nm. Meski demikian, keduanya menggunakan transmisi manual 5-percepatan.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Secara dimensi, Honda Jazz memiliki panjang 3.955 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.524 mm. Dengan kata lain, mobil tersebut lebih ramping dan rendah ketimbang Toyota Yaris yang panjangnya mencapai 4.145 mm dengan lebar dan tinggi masing-masing 1.730 mm dan 1.500 mm.

Dari segi fitur, bisa dibilang keunggulan menjadi milik Honda Jazz. Pasalnya, Toyota Yaris 2018 tidak dilengkapi dengan spion elektrik, foglamp, dan mode berkendara eco. Semua teknologi tersebut justru dimiliki Honda Jazz.

Sekarang pilihan kembali ke Anda, lebih condong ke merek Honda atau Toyota? Jika masih sabar, tidak ada salahnya menanti kehadiran Honda Jazz facelift ke Indonesia.

Sumber : Otosia.com

 
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengintip Interior Honda Jazz Terbaru
Artikel Selanjutnya
Setelah Menerjang Genangan Air, Mobil Sebaiknya Berhenti Sejenak