Sukses

Honda dan Panasonic Akan Menguji Battery Sharing di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Percobaan program battery sharing akan dimulai pada Desember 2018 di Indonesia. Program ini dilakukan dibawah naungan Honda Motor Co dan Panasonic Corporation.

Melansir Paultan, program ini akan dilakukan di Kota Bandung, Jawa Barat, Kota Denpasar, Bali, dan Kuta, Badung, Bali. Program ini memungkinkan pengguna motor listrik untuk bertukar baterai.

Honda dan Panasonic berkolaborasi untuk membangun beberapa stasiun pengisi daya, yang disubsidi oleh New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO).

Beberapa baterai atau mobile power packs, akan diisi di stasiun-stasiun dan pengguna dengan daya baterai rendah dapat mengganti baterai mereka menggunakan unit yang sudah terisi penuh.

Sebagai pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia, Indonesia menghadapi masalah tentang kemacetan serta emisi kendaraan. Adanya kendaraan listrik diharap mampu meringankan persoalan tersebut.

Sumber: Otosia.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kymco iONEX, Motor Listrik Taiwan Penantang Honda PCX Electric

Berlaga di Tokyo Motorcycle Show 2018, Kymco terlihat serius menggarap kendaraan masa depan. Pabrikan asal Taiwan, meluncuran skuter matik terbarunya, Kymco iOnex.

Mengusung nama Kymco iONEX, pihak produsen mengklaim bahwa inilah kendaraan masa depan sesungguhnya. Melansir dari MotoSaigo.vn, motor ini tak hanya bisa diisi dayanya di rumah, tetapi juga bisa di stasiun pengisian ulang khusus. Kabarnya, depo pengisian ini akan tersebar di 20 negara maju di dunia.

 

 

 

Mengenai desain, skutik ini mengusung gaya retro yang manis. Headlight didesain bulat dan dilengkapi dengan lampu DRL yang menimbulkan kesan futuristik. Warna yang digunakan pun terbilang manis, yaitu kombinasi warna putih dan biru.

Sayangnya, motor yang diklaim sebagai kendaraan masa depan ini masih menggunakan kunci konvensional. Sedangkan, beberapa pabrikan lain sudah menerapkan teknologi keyless. Uniknya, motor ini sudah menyediakan USB charger port di sebelah rumah kunci.

Pihak Kymco mengklaim bahwa produk mereka ini bisa menempuh jarak 200 kilometer dalam sekali pengisian penuh. Pasalnya, Kymco iONEX menggunakan dua baterai yang masing-masing memiliki berat 5 kilogram. Baterai tersebut terletak di bawah dek pijakan kaki sehingga tidak mengurangi ruang bagasi. Bahkan, bagasi tersebut bisa menampung 1 baterai lagi untuk cadangan.

Meski ditenagai listrik, motor ini diklaim bisa melaju hingga 60 km/jam.

Konsep motor listrik Kymco iONEX ini sebenarnya bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya, Honda pun sempat memperkenalkan konsep serupa, yaitu Honda PCX Electric. Skuter pabrikan berlogo sayap ini pun menerapkan baterai yang bisa dilepas dan diisi ulang di sebuah mesin khusus bernama Honda Mobile Power Pack Exchange Concept.

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.