Sukses

Kymco iONEX, Motor Listrik Taiwan Penantang Honda PCX Electric

Berlaga di Tokyo Motorcycle Show 2018, Kymco terlihat serius menggarap kendaraan masa depan. Pabrikan asal Taiwan, meluncuran skuter matik terbarunya, Kymco iOnex.

Liputan6.com, Tokyo Berlaga di Tokyo Motorcycle Show 2018, Kymco terlihat serius menggarap kendaraan masa depan. Pabrikan asal Taiwan, meluncuran skuter matik terbarunya, Kymco iOnex.

Mengusung nama Kymco iONEX, pihak produsen mengklaim bahwa inilah kendaraan masa depan sesungguhnya. Melansir dari MotoSaigo.vn, motor ini tak hanya bisa diisi dayanya di rumah, tetapi juga bisa di stasiun pengisian ulang khusus. Kabarnya, depo pengisian ini akan tersebar di 20 negara maju di dunia.

Mengenai desain, skutik ini mengusung gaya retro yang manis. Headlight didesain bulat dan dilengkapi dengan lampu DRL yang menimbulkan kesan futuristik. Warna yang digunakan pun terbilang manis, yaitu kombinasi warna putih dan biru.

Sayangnya, motor yang diklaim sebagai kendaraan masa depan ini masih menggunakan kunci konvensional. Sedangkan, beberapa pabrikan lain sudah menerapkan teknologi keyless. Uniknya, motor ini sudah menyediakan USB charger port di sebelah rumah kunci.

Pihak Kymco mengklaim bahwa produk mereka ini bisa menempuh jarak 200 kilometer dalam sekali pengisian penuh. Pasalnya, Kymco iONEX menggunakan dua baterai yang masing-masing memiliki berat 5 kilogram. Baterai tersebut terletak di bawah dek pijakan kaki sehingga tidak mengurangi ruang bagasi. Bahkan, bagasi tersebut bisa menampung 1 baterai lagi untuk cadangan.

Meski ditenagai listrik, motor ini diklaim bisa melaju hingga 60 km/jam.

Konsep motor listrik Kymco iONEX ini sebenarnya bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya, Honda pun sempat memperkenalkan konsep serupa, yaitu Honda PCX Electric. Skuter pabrikan berlogo sayap ini pun menerapkan baterai yang bisa dilepas dan diisi ulang di sebuah mesin khusus bernama Honda Mobile Power Pack Exchange Concept.

Sumber: Otosia.com

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kymco Saingi Honda Bikin Skutik Adventure Tourer

Kymco tahu betul pasar sepeda motor tidaklah statis. Setidaknya itu yang mereka tunjukkan baru-baru ini dengan memperkenalkan Kymco C Series Concept.

Tapi konsep ini masih berstatus "preview". Artinya, motor masih dalam bentuk dua dimensi. Diprediksi bentuk 3 dimensinya akan diperkenalkan di pameran EICMA, Milan, November nanti.

Motor konsep ini, sebagaimana bentuknya, berada di segmen Adventure Tourer. Kalau kita ingat, tahun lalu Honda juga memperkenalkan motor yang sama bernama X-ADV.

"C Series Concept bertujuan untuk memimpin segmen pasar baru, Adventure Turer, dimana pengguna mencari kenyamanan dan fungsionalitas di jalan yang penuh petualangan dan menyenangkan," terang Allen Ko, President Kymco Group, dikutip dari Moto1Pro.

Disebutkan bahwa motor ini mengambil basis dari AK500 maxi-scooter, produk mereka yang baru saja diluncurkan. Motor ini dibuat agar pengendara nyaman menghadapi segala medan, misalnya dengan membuat posisi duduk tegap dengan setang tinggi, serta windshield yang tinggi.

Terdapat juga suspensi depan upside-down dan monoshock untuk bagian belakang, dengan ground clearance (jarak ke tanah) yang tinggi, demi mengakomodir kondisi jalan yang tidak melulu mulus.

Tidak disebutkan sama sekali soal spesifikasi mesin. Tapi sebagai gambaran saja, Honda X-ADV mengandalkan mesin 745 cc berpendingin cairan, yang di atas kertas menjanjikan tenaga 54 Tk pada 6.250 rpm dengan torsi 67,9 Nm pada 4.750 rpm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi kopling ganda atau Dual Clutch Transmission (DCT).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.