Sukses

Versi CVT Hanya untuk Datsun GO, Berapa Harganya?

Datsun Indonesia siap menggebrak pasar dengan model baru lagi. Pabrikan asal Jepang tersebut akan menghadirkan Datsun GO transmisi matik alias CVT.

Liputan6.com, Jakarta - Merek harga terjangkau milik PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Datsun, siap menggebrak pasar dengan model baru lagi. Kali ini, pabrikan asal Jepang tersebut siap menghadirkan Datsun GO transmisi matik alias CVT.

Kabarnya, model tersebut akan meluncur pekan depan, Senin (7/5/2018), di salah satu restoran di bilangan Jakarta Selatan.

Namun, sebelum resmi diluncurkan, model ini ternyata sudah bisa dipesan, dengan uang tanda jadi Rp 5 juta. Lalu, berapa harga Datsun GO CVT?

"Harganya belum resmi, tapi di sekitaran Rp 130 jutaan," jelas salah satu tenaga penjual Datsun yang namanya enggan disebutkan ini, saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (3/5/2018).

Lanjut sang sales yang tidak ingin terkenal ini, versi CVT ini hanya tersedia untuk Datsun GO. Sedangkan untuk Datsun GO+ tidak ada versi CVT, dan hanya mendapatkan facelift dengan berbagai penyegaran. "Ubahannya cukup banyak, seperti aksesori. Nanti detailnya setelah launching," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Datsun: Indonesia Cocoknya Pakai CVT

Datsun Cross hadir dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual dan Continuously Variable Transmission (CVT). Tentu saja kedua pilihan transmisi ini membuat harganya berbeda, di mana untuk tipe manual dijual Rp 161,49 juta dan CVT ditawarkan Rp 173,99 juta.

Penggunaan CVT pada Datsun Cross sendiri disebut bukan tanpa alasan. Hal ini pun diterangkan langsung Chief Vehicle Engineer Global Datsun Business Unit & Nissan Motor Co., Ltd, Nobuyuki Kawai. Kata dia CVT sangat cocok untuk kondisi jalanan di Indonesia.

 

 

"CVT perpindahannya lebih halus,” ucap Kawai saat ditemui wartawan di acara media test drive di kawasan Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat, Kamis (9/3/2018).

Dengan perpindahan transmisi yang lebih halus, kata dia, hal ini sangat cocok digunakan di kota-kota besar yang mengalami tingkat kemacetan tinggi. Tak terkecuali Jakarta.

Tak hanya CVT, Datsun global pada dasarnya memiliki transmisi matik yang sering digunakan yaitu i-AMT (intelligent Automated Mechanical Transmission). Transmisi ini diterapkan Datsun  Ready GO yang dipasarkan di India.

Hanya saja Kawai menuturkan, jika Datsun Cross disematkan transmisi model matik i-AMT, maka hal itu tak sesuai dengan kondisi jalanan di Indonesia. Kawai menerangkan, penggunaan i-AMT lebih cocok digunakan pada mobil dengan dimensi kecil seperti Ready GO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.