Sukses

Mobil Kelamaan Tidur Rawan Terserang Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Memiliki mobil namun jarang dipakai bukan berarti hal itu akan membuat menjadi awet dan terhindar dari kerusakan. Sebaliknya, kendaraan yang didiamkan sangat lama justru akan menimbulkan berbagai macam masalah.

Bahkan melansir situs daring Popular Mechanics, Sabtu (10/2/2018), kendaraan yang tertidur hingga setahun atau lebih, maka hal itu akan mengalami berbagai penyakit di beberapa tempat.

Nah, mau tahu bagian-bagian mobil apa saja yang akan mengalami masalah? Berikut rangkumannya:

1. Fuel System/ Sistem Bahan Bakar

Jika sebulan saja mobil tidak pernah dipakai, maka cairan bensin akan menguap dan terurai kandungannya. Sementara jika setahun atau dua tahun mobil tak pernah digunakan, maka di dalam tangki bahan bakar bisa berubah seperti lumpur atau karamel yang melapisi bagian dinding tangki.

Ada baiknya tangki bahan bakar pada mobil dibersihkan terlebih dahulu ke ahlinya. Sebab hal ini berguna untuk menghilangkan kerak agar tidak menyumbat pada beberapa media lainnya seperti karburator atau pompa bahan bakar (fuel pump), selang, filter atau injektor.

 

1 dari 8 halaman

2. Cooling System/ Sistem pendingin

Bagian ini terdapat pada radiator, di mana saat Anda pergi ke bengkel ada baiknya meminta kepada mekanik untuk melakukan sejumlah pemeriksaan.

Pasalnya, bukan tak mungkin jika bagian radiator ini akan mengalami korosi. Nah, jika hal itu terjadi maka serpihan karat kemungkinan masuk kesejumlah bagian pada mesin, termasuk water pump (pompa air), atau lainnya.

Jika sudah memeriksa radiator ada baiknya melakukan pergantian pada sejumlah selang karet dan selang pemanas. Jika lama tak terpakai, bagian berbahan karet akan getas, sehingga beresiko terjadi kebocoran dikemudian hari. Jika itu terjadi, tentu akan berakibat fatal.

 

2 dari 8 halaman

3. Timing Belt

Part atau komponen yang satu ini sangat wajib diganti jika mobil lama tak terpakai. Sebab fungsinya sangat vital untuk memutar camshaft (atau disebut noken as) yang berperan untuk membuka dan menutup valve (klep) pada ruang pembakaran dengan tepat timing-nya.

Part berupa sabuk berfungsi menggerakan bagian lainnya seperti kompresor AC, system power steering, altenator, dan juga water pump.

Karena itu, jika mobil tak pernah digunakan maka akan ada baiknya timing belt ikut diganti agar tidak putus.

 

3 dari 8 halaman

4. Komponen lain di Mesin

Mobil yang tak pernah dipakai tentu saja harus dilakukan pemeriksaan, bahkan jika perlu diganti beberapa komponen lainnya.

Beberapa hal yang harus dilakukan pemeriksaan atau pergantian yaitu mulai dari busi, kabel-kabel, selang, hingga baterai atau aki.

 

4 dari 8 halaman

5. Rem

Bagian ini juga wajib diperiksa karena menjadi prioritas jika mobil tak pernah dipakai. Nah jika memang begitu, ada baiknya sistem pengereman diganti secara menyeluruh.

Hal ini disebabkan akan lebih mudah dan jauh lebih murah daripada mengganti atau membeli satuan.

Sistem pengereman juga terbuat dari logam, karena itu bukan tak mungkin ada karat di setiap sisi logam.

 

5 dari 8 halaman

6. Cairan

Berbagai cairan pada kendaraan wajib diganti, mulai dari minyak rem, oli mesin hingga oli transmisi. Minyak juga bisa tercampur air karena masuk dalam celah-celah.

Jika memang tercampur, maka minyak atau oli yang melumasi part dapat membuat kinerjanya akan tidak maksimal bahkan cenderung terganggu.

 

6 dari 8 halaman

7. Ban

Ban terbuat dari bahan karet. Ban pun memiliki usia pakai. Bahkan jika tak pernah dipakai ban harus dirotasi.

Nah jika mobil tak pernah dipakai sama sekali, ada baiknya ban diganti dalam waktu enam tahun setelah diproduksi. Untuk melihat usia produksi ban, bisa dilihat langsung dari dinding ban.

 

7 dari 8 halaman

8. AC

Bagian ini juga menjadi hal penting, karena dapat membuat kondisi di dalam kabin tetap nyaman. Oleh karena itu, aliran yang menghembuskan AC mobil wajib diperiksa.

Ada baiknya, minta kepada mekanik spesial AC untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh. Jika ada pergantian, tentu hal ini agar lebih maksimal performanya.

Artikel Selanjutnya
Mau Mudik Nyaman dengan Kendaraan Pribadi, Perhatikan 9 Tips Ini
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mudah Merawat Mobil agar Tahan Lama