Sukses

Mesin Hybrid Plus Turbo Lewis Hamilton Catat Rekor Baru

Lewis Hamilton mengendarai Mercedes-Benz memecahkan rekor di Suzuka dengan catatan waktu 1:27,3 detik

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balapan jet darat Formula One (F1), memang telah mengalami perubahan regulasi. Rombakan yang dilakukan musim 2017 ini terkait peralihan mesin V8 berkapasitas 2,8 liter menjadi konfigurasi V6 dengan volume mesin 1,6 liter.

Namun begitu, untuk mendongkrak kubikasi mesin yang lebih kecil ini para pabrikan menyematkan teknologi hybrid dan turbo.

Setidaknya, mesin hybrid berkonfigurasi V6 berkapasitas 1,6 liter turbo, membuat mobil jauh lebih cepat dibandingkan mesin lama.

Hal ini pun membuat pembalap Mercedes-Benz, Lewis Hamilton mampu memecahkan rekor Felipe Massa 11 tahun lalu. Pria asal Brasil yang menunggangi mobil keluaran Ferrari pada 2006 di sirkuit Suzuka menjadi tercepat dengan catatkan waktu 1:29,6 detik.

Performa Massa membuat dirinya memecahkan rekor pembalap legendaris Micheal Schumacher, 1,6 detik lebih cepat.

Namun pekan lalu, Sabtu (7/10/2017) Hamilton yang mengendarai Mercedes-Benz dengan mesin V6 berkapasitas 1,6 liter turbo, mampu memecahkan rekor Felipe Massa, dengan catatan waktu 1:27,3 detik di sirkuit Suzuka.

Dengan begitu, selain memecahkan rekor baru, Hamilton berhak atas posisi start terdepan di balapan GP Jepang pada Minggu (8/10/2017) lalu.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jailnya Lewis Hamilton Ajak Wartawan Cantik Kebut-kebutan

Sejumlah pembalap Formula One (F1) kerap mengisi waktu luang untuk bersenang-senang. Tak terkecuali bagi pembalap asal tim Mercedes-Benz, Lewis Hamilton.

Jelang balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia, pembalap asal Inggris tersebut melakukan cara unik di mana saat hendak melakukan sesi tanya jawab dengan wartawan, dia mengajak seorang jurnalis otomotif cantik, Rosanna Tennant, untuk kebut-kebutan.

Tak tanggung-tanggung, pembalap kelahiran 7 Januari 1985 itu mengajak Tennant kebut-kebutan berkeliling Sirkuit Sepang menggunakan Mercedes-AMG GT S. Demikian dilansir Motor1 beberapa waktu lalu.

Aksi Hamilton mengemudi ini sempat direkam kamera video. Lucunya, beberapa kali kamera memperlihatkan ekspresi dari raut wajah perempuan berambut pirang yang ketakutan saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, dari gerak tubuhnya, Tennant juga terlihat terpelanting saat berada di kursi depan.

Sementara Hamilton sendiri sangat profesional. Sebab, dia tetap fokus berkendara dan tetap menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan Tennant.

Salah satu pertanyaan tersebut mengungkapkan perihal alasan Hamilton menyukai balapan di F1. Jawaban yang diberikan, “Saya suka mengemudi, menyukai berkendara mobil dan senang bekerja sama dengan tim Mercedes-Benz.”

Adapun Mercedes-AMG GT S sendiri memang bukan mobil sembarangan. Sebab, dalam mobil ini telah dibenamkan mesin V8 berkapasitas 4 liter biturbo yang diklaim mampu menghasilkan daya hingga 503 Tenaga Kuda dengan torsi 649 Nm pada 1.750-5.000 rpm.

Dengan mesin tersebut, mobil sport tersebut mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,7 detik dan sanggup berlari dengan kecepatan maksimal di angka 310 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.