Sukses

Viral Honda Brio Terbakar, Benarkah Karena Power Bank?

Liputan6.com, Bekasi - Satu unit Honda Brio di Bekasi, Jawa Barat, ludes terbakar, tepat di Idul Adha, Jumat (1/9) kemarin.

Kabar yang beredar di sosial media menyebut penyebab terbakarnya mobil lansiran 2016 itu adalah karena power bank yang meledak ketika masih tersambung dengan lubang lighter. Dugaan lain, mobil tersebut terbakar karena suhu panas. Suhu memicu ledakan dari bensin.

Namun Aini, sang pemilik mobil, mengaku bahwa semua dugaan itu tidak masuk akal.

"Lucunya viral seperti itu (karena power bank). Padahal tidak ada power bank. Saya tidak pernah bawa power bank," terang Aini, kepada Liputan6.com, Minggu (3/9/2017). "Mobil juga tidak kepanasan, jadi kemungkinan kecil," sambung Aini.

Dugaan lain soal korsleting pun dibantah. Pasalnya, aku Aini, mobilnya hanya terpasang perangkat audiio sederhana.

"Semua barang bagus dan dipasang di tempat yang sering kontes audio. Jadi itu juga kemungkinannya kecil sekali. Apalagi mobil suami saya yang lebih komplit lagi audionya sudah dua tahun tidak ada masalah," sambung Aini.

Aini mengaku bahwa pihak Honda Prospect Motor (HPM) akan segera melakukan investigasi untuk mengetahui sebab masalah. Investigasi akan dilakukan Senin besok.

Pihak HPM sendiri belum memberikan tanggapan soal ini.

 

2 dari 2 halaman

Kasus Serupa

Kasus serupa pernah terjadi di Saint Petersburg, Rusia, tahun lalu. Satu unit Jeep Grand Cherokee terbakar. Diduga, kebakaran tersebut bermula ketika Nathan Dornacher, meninggalkan smartphone-nya di konsol tengah mobil sembari mengisi daya baterai.

Menurut istri Nathan, Lydia, mengatakan bila mobil tiba-tiba saja terbakar tidak beberapa lama ditinggal untuk membereskan keperluan perayaan.

Nathan pun langsung melihat keluar dari jendela rumahnya dan mendapati SUV tersebut terbakar akibat ponselnya meledak. Pihak pemadam kebakaran yang dihubungi segera datang untuk memadamkan api yang menghanguskan Grand Cherokee itu.

Nathan menyebut mobilnya itu adalah barang kebanggaannya. Ia telah memodifikasi Grand Cherokee-nya habis-habisan agar tampil lebih menarik. Akibat kebakaran ini Nathan terpaksa harus mencari mobil baru karena mobilnya sudah tidak bisa lagi terselamatkan.

Pihak Samsung tidak tinggal diam atas insiden ini dan berjanji untuk bertanggung jawab atas kerusakan yang ditimbulkan karena ledakan baterai smartphone.

"Kami mengetahui insiden itu dan kami bekerja sama dengan Dornacher untuk menyelidiki kasusnya. Kami memastikan untuk melakukan segala yang kami mampu untuknya," ucap juru bicara pabrikan smartphone asal Korea Selatan itu.

Loading