Sukses

Mobil Ini Bisa Jadi Power Bank

Liputan6.com, Tangerang - Toyota Indonesia membawa sejumlah kendaraan masa depan yang tak sepenuhnya mengonsumsi bahan bakar minyak. Salah satu model tersebut adalah FCV Plus.

Toyota FCV Plus merupakan kendaraan fuel cell (FCV singkatan dari fuel cell vehicle), yaitu kendaraan yang digerakkan dengan tenaga listrik yang dihasilkan melalui reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen. Listrik disalurkan ke motor yang ada di tiap roda.

Gandhi Ahimsaputra Product Knowledge Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, bahwa penggunaan hidrogen tak hanya baik untuk lingkungan, tapi juga mampu bermanfaat bagi banyak pihak.

"Toyota coba fokus pada hidrogen karena bisa memberikan manfaat lain. Misalnya ke perumahan, bahkan mobil lain yang bertenaga listrik. Ini adalah mobil power bank," ujar Gandhi di booth Toyota di hall 10 ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Senin (14/8/2016).

"Mobil biasa kan kalau sudah diam di rumah tidak ngapa-ngapain. Dari pada diam, kan bisa untuk penuhi kebutuhan listrik rumah tangga. Konsepnya seperti itu," tambah Gandhi.

Saat tak sedang berkerja, energi tetap tersimpan dalam mobil. Gandhi menjelaskan, agar energi tersebut bisa ditransfer ke tempat lain, maka perlu ada semacam converter yang kompatibel dengan objek penerima energi.

Untuk diketahui, Toyota FCV Plus masih dalam rupa konsep. Dalam arti belum diproduksi massal. Desain kendaraan masih terinspirasi dari Toyota Mirai, tapi dengan bentuk yang lebih futuristik dan interiornya dibuat dengan 3D printer.

Loading