Sukses

Ini Mobil ke-150 Juta VW, Apa Istimewanya?

Volkswagen (VW) mencatatkan tonggak sejarah baru, di mana perusahaan asal Jerman yang berdiri 80 tahun.

Liputan6.com, Wolfsburg - Perusahaan mobil Volkswagen (VW), mencatatkan tonggak sejarah baru, di mana perusahaan asal Jerman yang berdiri 80 tahun lalu ini merayakan produksi mobil ke-150 juta.

Dilansir Carbuzz, Selasa (29/8/2017), mobil yang masuk jalur produksi dan menjadi daftar sejarah bagi VW adalah model Golf GTE plug-in hybrid dengan balutan warna biru.

Bukan tanpa alasan Volkswagen Golf GTE versi plug-in hybrid menjadi pilihan. Sebab, jenis mobil Golf GTE sendiri menjadi salah satu kendaraan yang telah berevolusi dan cukup banyak diproduksi di pabrik VW Wolfsburg, Jerman.

Sementara itu, CEO VW Dr Herbert Diess menyatakan, dengan memproduksi mobil ke-150 juta, maka VW telah membuat sebuah impian untuk memiliki mobil menjadi kenyataan bagi 150 juta konsumen di seluruh dunia.

"Ini adalah simbol mobilitas masa depan," ungkapnya.

Sekadar informasi, Golf GTE versi plug-in hybrid dibenamkan mesin bensin 1.4-litre TSI yang ditambah motor listrik. Alhasil tenaga yang disemburkan mencapai 201 Tk. Dengan mesin ini, mobil ini mampu menjelajah hingga 827 Kilometer.

Jika hanya menggunakan motor listrik, mobil sanggup mencapai kecepatan 130 km/jam. Sedangkan saat berakselerasi 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 7,6 detik dan mampu kecepatan maksimalnya 222 km/jam.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Sejarah VW

Sedikit mengulas sejarah Volkswagen (VW), merek mobil ini pada dasarnya merupakan permintaan dari serikat dagang Nazi, yang dipimpin Adolf Hitler di tahun 1937.

Nah, di tahun 1930-an, diketahui bahwa para pabrikan mobil hanya membuat mobil yang tergolong mewah dan mahal. Sedangkan masyrakat kelas menangah ke bawah hanya mampu membeli sepeda motor.

Hingga akhirnya Volkswagen lahir yang artinya ‘Mobil Rakyat’. VW mulai memproduksi kendaraan masal dengan nama Type 1 Kafer atau VW Beatle 27 Desember 1945.

VW Beatle atau lebih familiar disebut VW Kodok memang hingga saat ini masih menjadi mobil legendaris. Mobil berdesain unik ini sudah dijual hingga 21,5 juta dan tersebar di seluruh dunia. Terakhir, mobil jenis ini dibangun di Meksiko, pada 2003.

Hingga akhirnya, penerus VW Kodok yang memilik desain jauh berbeda, Golf lahir di 2007. Ternyata, penjualan mobil hatchback ini cukup bergairah, karena mampu memproduksi sebanyak 25 juta unit, kemudian membengkak dengan catatan mencapai 34 juta unit saat ini.

Selain dua model di atas, beberapa mobil yang diakui cukup laris bagi VW yaitu Passat sebanyak 20 juta unit, lalu Jetta mencapai 19,5 juta unit, kemudian Polos hampir 17 juta unit. Sedangkan sisanya merupakan beberapa model VW lainnya.

Kini VW berjanji, bahwa setiap mobil yang dibuat harus lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Oleh karena itu mereka ingin terus membuat kendaraan hybrid dan listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.