Sukses

Ini Bukti Keseriusan Apple Bikin Mobil Tanpa Sopir

Raksasa teknologi, Apple, tetap tertutup tentang ambisi menciptakan mobil tanpa sopir alias autonomous.

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa teknologi, Apple, tetap tertutup tentang ambisi menciptakan mobil tanpa sopir alias autonomous. Namun, seperti dilaporkan The New York Times, perusahaan yang sudah menciptakan smartphone canggih ini tengan mengembangkan mobil tersebut.

Menurut sumber yang dekat dengan proyek tersebut, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini tengah mengembangkan layanan antar jemput untuk mengangkut karyawan di antara bangunan kantor Apple. Dan kabarnya, mobil ini akan dijadikan komersial dengan sistem penggerak otonom yang dikembangkan Apple.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu, Apple memang berniat untuk masuk ke industri otomotif, dengan proyek rahasia yang dijuluki Titan. Langkah ini untuk mengikuti Tesla, dan meluncurkan kendaraan listrik secara besar-besaran untuk mengganggu pasar.

Namun, tahun lalu Apple telah mengurangi ambisi tersebut, dan hanya fokus untuk pengembangan mobil tanpa sopir.

Untuk diketahui, layanan antar jemput Apple ini disebut Pail, dengan tujuan Palo Alto, hingga Infinite Loop, dan mengangkut karyawan dari kantor di Cupertino, California. Kendaraan ini sekaligus sebagai percobaan, sebelum kendaraan tersebut benar-benar diuji di jalanan.

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Project Titan

Mobil Apple tengah digarap melalui `Project Titan.` Mengutip informasi dari orang dalam, Frankfurter Allgemeine Zeitung (FAZ) menyebut iCar atau Apple Car dikembangkan oleh 15-20 teknisi dengan latar belakang ahli software, hardware, mesin, dan pemasaran.

Sebagaimana diketahui, proyek mobil Apple ini banyak dikaitkan dengan nama ratusan orang, termasuk mantan teknisi Ford Steve Zadesky dan Johann Jungwirth, yang pernah mengepalai pusat R&D Mercedes-Benz Amerika Utara dan kini bekerja untuk Volkswagen.

Kabarnya, mobil Apple pertama akan menyerupai BMW i3. Ini diperkuat dengan fakta CEO Apple Tim Cook pernah berkunjung ke markas BMW pada 2014.

Waktu itu, Cook juga sempat mengunjungi fasilitas produksi di Leipzig dan meninjau langsung produksi model i3 yang memanfaatkan carbon fiber reinforced polymer (CFRP). Mobil Apple diisukan bakal melakoni debutnya pada 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.