Sukses

Isi Ulang Baterai Motor Listrik Zero Kini Bisa Cepat

Dengan charger baru, baterai motor listrik Zero bisa lebih cepat terisi penuh.

Liputan6.com, Munich - Salah satu kelemahan dari kendaraan listrik adalah isi ulang baterai yang memakan waktu lama, bisa berjam-jam. Tentu ini jauh berbeda dibanding kendaraan konvensional bermesin bensin.

Hal yang sama juga dialami Zero Motorcycle, asal Amerika Serikat (AS). Namun baru-baru ini, mereka memperkenalkan charger baru yang dapat mengisi ulang baterai lebih cepat. Harganya 800 Pound Sterling (Rp 13,2 juta).

Namun produk baru ini tidak bisa dibeli sembarang orang. Hanya konsumen yang membeli motor pada April saja yang akan ditawari. Demikian seperti yang dilaporkan motorcyclenews.com, dikutip Rabu (5/4/2017).

Menggunakan charger standar, baterai motor bisa terisi penuh dalam waktu delapan jam. Dengan charger cepat ini, waktu isi ulang berkurang "dua setengah kali".

Dengan menggunakan charger cepat, sepeda motor dapat dihubungkan ke stop kontak listrik kedua pada saat yang bersamaan. Ini menambah 1 kW tenaga isi ulang. Itu mengapa waktu isi ulang baterai bisa lebih cepat.

Sayangnya, meski Zero merupakan produk global, charger hanya tersedia di beberapa negara Eropa saja seperti Belanda, Jerman, Perancis, dan Italia.

Untuk diketahui, di Indonesia Zero Motorcycles diimpor oleh PT Garansindo Technologies sejak Juni 2015 lalu. Motor yang dijual dirakit dan diimpor utuh dari AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.