Sukses

Untuk Pertama Kalinya Yaris Hybrid Hadir di Negeri Sendiri

Toyota Motor memperkenalkan Yaris varian hybrid untuk pasar Jepang, 12 Januari lalu. Di negara asalnya, Yaris diberi nama Vitz.

Liputan6.com, Tokyo - Toyota Motor memperkenalkan Yaris varian hybrid untuk pasar Jepang, 12 Januari lalu. Di negara asalnya, Yaris diberi nama Vitz.

Dilaporkan responsejp.com, Yaris hybrid sebetulnya telah dijual untuk pasar Eropa. Namun ini adalah kali pertama varian yang sama dijual di Jepang.

Mesin hybrid yang dipakai adalah mesin bensin 1,5 liter inline 4 silinder serta motor listrik. Mesin bensinnya keluarkan tenaga 73 Tk, sementara motor listriknya keluarkan 60 Tk. Baik mesin atau motornya sudah diperbarui.

Mesin hybrid ini mengonsumsi bahan bakar 34,4 km/liter.

Adapun tenaga motor listrik berasal dari baterai nikel. Baterainya ditempatkan di bawah kursi belakang, sehingga ruang interior sama dengan varian bensin.

Sebagai informasi tambahan, Toyota Vitz adalah hatchback yang pertama kali diproduksi pada 1999. Pada tahun itu pula, nama Vitz secara resmi hanya untuk pasar Jepang. Di luar itu, mobil ini dijual dengan nama Yaris.

Yaris sendiri pertama kali masuk ke Indonesia pada 2006. Mobil ini saat itu diimpor utuh (CBU) dari Thailand. Sejak saat itu beberapa pembaruan terjadi. Dimana yang terakhir terjadi pada Oktober lalu, dengan dirilisnya Yaris Heykers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.