Sukses

Maaf, Tak Ada Diskon untuk Mobil Murah Ini

Liputan6.com, Jakarta - Hadirnya duet Toyota Calya dan Daihatsu Sigra di Indonesia pada pertengahan 2016, ternyata mampu menaikan penjualan secara nasional.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesale (pabrik ke dealer) kedua model terbaru tersebut mencapai 66.057 unit, atau masing-masing menyumbangkan 39.768 unit untuk Calya dan 26.289 unit oleh Sigra.

Karena dianggap menjadi salah satu mobil sedang naik daun, mobil yang masuk segmen Low Cost Green Car (LCGC) Multi Purpose Vehicle (MPV), keduanya tak memberikan treatment khusus bagi konsumen, seperti diskon atau potongan harga akhir tahun.

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, baik dealer Toyota maupun Daihatsu, keduanya tidak memberikan diskon untuk Calya ataupun Sigra.

“Karena Sigra model baru, jadi belum ada diskon,” ujar wiraniaga Daihatsu yang tak ingin disebutkan namanya, Selasa, (27/12/2016).

Selain tak ada diskon, seorang sales  Toyota di Auto2000 menuturkan bahwa untuk model Calya telah habis terjual. “Adanya yang 2017, dan itupun harganya bisa saja beda, karena produksi 2017,” kata dia.

Hal serupa juga terjadi pada dealer Datsun. Ya, mobil yang menjadi satu-satunya pesaing Calya-Sigra itu ternyata tak memberikan potongan harga khusus.

"Kami cuma ada program DP ringan, mulai dari Rp 9-13 Juta," ucap seorang tanaga penjual.

Ada konsumen yang membeli Datsun Go+ Panca, nantinya dapat memilik tambahan aksesoris mulai dari rear power window, seat cover, electric mirrorfog lamp, dan allow wheel. Selain itu ada juga voucher belanja senilai Rp 2 juta.