Sukses

Kemenangan Marquez, Berkah buat AHM

Performa Marc Marquez di MotoGP berimplikasi pada penjualan Astra Honda Motor.

Liputan6.com, Sentul - Marc Marquez telah memastikan diri sebagai pemenang MotoGP 2016 saat GP Jepang, 15 Oktober lalu, dengan perolehan 273 poin. Angka yang diraihkan sudah tak lagi bisa disusul pembalap lain.

Kemenangan Marquez ini disambut baik oleh PT Astra Honda Motor (AHM), Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia. Mereka mengatakan bahwa tiap apa yang diraih Marquez berdampak pada penjualan Honda, meski tidak secara langsung.

"Saya melihat bahwa ada hal positifnya terhadap pemasaran," ujar Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, di acara "Meet the Champs!" di Sirkuit International Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/10/2016).

Contoh nyatanya tentu saja iklan yang menggunakan jasa Marquez. Tercatat, beberapa model Honda seperti CBR150R dan Blade 125 FI dibintangi oleh darah muda kelahiran 1993 itu. Terakhir, Marquez juga akan menjadi model untuk iklan CBR250RR.

Menurut Loman, ini bukan hanya disebabkan karena prestasi Marquez di atas trek balap saja, namun juga kehidupannya di luar sirkuit.

"Kalau saya lihat bukan hanya racing-nya saja, tapi juga sosok Marquez yang memberikan teladan. Dia punya semangat juara yang kuat, dan juga humble. Ini jadi inspirasi yang bagus," tambah Loman.

Jika menilik data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sejauh ini Honda memang mendominasi pasar roda dua, jauh mengalahkan kompetitor lain seperti Yamaha.

Pada September lalu, wholesales Honda mencapai angka 423.256 unit, dari total keseluruhan sebanyak 555.820 unit. Sementara kompetitor terdekat, Yamaha, mengantungi angka penjualan 119.717 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.