Sukses

Menparekraf Sandiaga Uno Berharap Lulusan Perguruan Tinggi Bisa Jadi Agen Perubahan di Masyarakat

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan, bila lulusan perguruan tinggi harua memiliki daya saing tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 1.718 lulusan dari program doktor, magister, sarjana terapan dan sarjana Universitas Pelita Harapan (UPH), diwisuda secara bersama. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan, bila lulusan perguruan tinggi harua memiliki daya saing tinggi.

 

Sandiaga Uno juga berharap, agar prinsip transformasional tidak hanya diterapkan dalam bidang akademik. Alumni Doktor Manajemen UPH ini menekankan pentingnya menjadi inspirasi di masyarakat.

 

 “Prinsip tersebut harus menjadi sumber inspirasi dan prestasi yang mendorong potensi dan bakat. Mari rayakan kesuksesan hari ini dengan komitmen menjadi agen perubahan yang positif di masyarakat,"ujarnya.

 

Pasalnya, menurut, Adi Purnama, selaku Ketua Kelompok Kerja Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat LLDikti Wilayah III, tantangan sarjana pada hari ini dan di masa yang akan datang sangatlah berat.  

 

"Jika mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2022 terdapat sebanyak 9 juta pengangguran di Indonesia. Dari angka tersebut, 10 persen di antaranya merupakan lulusan perguruan tinggi,"tuturnya.

 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Adi berharap UPH ataupun perguruan tinggi lainnya, dapat menghadirkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja dan memfasilitasi para mahasiswa agar memperoleh kesempatan magang atau kerja praktik. 

 

"Jadi, setelah ini harus terus berjuang, tunjukan kemampuan yang terbaik, miliki semangat untuk menjadi agen perubahan, dan berikan dampak positif bagi sekitar,"katanya.

 

Sementara, Jonathan L. Parapak, selaku Rektor UPH turut menyampaikan apresiasi kepada para lulusan atas kinerja yang telah dilakukan selama menjalani perkuliahan. 

 

“Kami berharap, para winisuda akan menjadi calon-calon pemimpin yang membawa transformasi, sehingga nama Tuhan akan dimulaikan melalui karya-karya kalian. Kami mengutus kalian untuk menjadi berkat, mengembangkan ilmu yang sudah didapatkan, dan berkontribusi dan membawa dampak positif bagi bangsa dan negara,” katanya.

 

Hal senada juga diungkapkan James T. Riady, selaku Pendiri Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH). James pun berharap, para lulusan tetap terhubung dengan UPH dan menjalin jejaring dengan komunitas alumni UPH.

 

“Hidup adalah sebuah marathon dengan tantangan dan masalah kompleks. Tantangan ini semakin berat setelah kelulusan, saat memasuki dunia yang baru. Saya berharap, apa yang sudah dipelajari, dapat diterapkan dalam berbagai bidang dan kehidupan,"katanya.

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.