Sukses

Tragedi Singapore Airlines: Mengenal Apa Itu Turbulensi Udara dan Tips Menghadapinya

Tragedi turbulensi parah Singapore Airlines menjadi perhatian dunia. Hal ini lantaran penerbangan London ke Singapura ini menimbulakan 1 penumpang meninggal dunia dan 30 orang terluka

Liputan6.com, Jakarta Setidaknya satu orang meninggal dan 30 lainnya terluka pada hari Selasa ketika penerbangan Singapore Airlines yang bepergian dari London ke Singapura mengalami turbulensi parah.

Seorang pria Inggris berusia 73 tahun dipastikan meninggal, kemungkinan akibat serangan jantung, menurut pejabat di Bandara Internasional Suvarnabhumi, tempat pesawat melakukan pendaratan darurat.

Tiga puluh orang terluka, tujuh di antaranya dalam kondisi kritis. Pesawat tersebut membawa 211 penumpang dan 18 anggota kru.

Pesawat lepas landas dari Bandara Heathrow London pada pukul 10.38 malam waktu setempat pada hari Senin, dan dialihkan ke bandara Bangkok di mana mendarat sekitar pukul 3.45 sore pada hari Selasa.

Kementerian Transportasi Singapura membuka penyelidikan terhadap insiden tersebut dan mengatakan akan mengirim penyelidik ke Bangkok.

Dikutip dari Scmp, Rabu (22/5/2024), berikut, Post menjelaskan apa itu turbulensi udara dan apa yang harus dilakukan penumpang untuk tetap aman:

1. Apa itu turbulensi udara?

Menurut Observatorium Hong Kong, turbulensi disebabkan oleh gerakan udara yang cepat dan tidak teratur, yang disebabkan oleh badai, arus jet atau ketika angin bertiup melintasi pegunungan.

"Turbulensi biasanya terjadi di daerah di mana massa udara dengan kecepatan, arah, atau suhu yang berbeda bertemu satu sama lain," kata peramal cuaca.

"Dalam kasus yang parah, pesawat mungkin kehilangan kendali sementara."

2. Kapan turbulensi terjadi?

Paul Weatherilt, seorang pilot dari maskapai penerbangan utama Hong Kong, Cathay Pacific, mengatakan pesawat biasanya mengalami dua jenis turbulensi.

Satu jenis terkait dengan cuaca, seperti saat badai, yang terlihat pada radar cuaca atau bahkan dengan mata telanjang saat melihat keluar dari pesawat.

Dia menambahkan bahwa teknologi penerbangan telah berkembang untuk memprediksi turbulensi tersebut secara akurat dan bahkan menunjukkan apakah diperkirakan akan ringan atau parah, dan pilot akan menghindari area tersebut.

"Kami akan diberi peringatan dan menyalakan tanda sabuk pengaman untuk memberi tahu penumpang," katanya.

Turbulensi udara jernih, yang disebabkan oleh geseran angin kuat dan ketidakstabilan di dekat arus jet, kurang dapat diprediksi.

"Jenis turbulensi lain terkait dengan arus jet, juga dikenal sebagai turbulensi udara jernih, yang bisa sangat parah dan tidak terduga," katanya.

Weatherilt memperingatkan bahwa dalam kasus turbulensi udara jernih, turbulensi ringan bisa meningkat menjadi guncangan parah dalam hitungan detik.

Dia menunjuk pada Samudra Pasifik, yang merupakan salah satu tempat dengan turbulensi udara jernih yang tak terduga yang disebabkan oleh arus jet, sementara turbulensi yang terkait dengan cuaca buruk bisa terjadi di mana saja di dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Sebabkan Kematian

3. Seberapa sering turbulensi udara menyebabkan cedera serius atau kematian?

Kecelakaan maskapai yang terkait dengan turbulensi adalah jenis yang paling umum, menurut studi tahun 2021 oleh Dewan Keselamatan Transportasi Nasional.

Dari tahun 2009 hingga 2018, lembaga Amerika Serikat tersebut menemukan bahwa turbulensi menyumbang lebih dari sepertiga dari kecelakaan maskapai yang dilaporkan dan sebagian besar mengakibatkan satu atau lebih cedera serius, tetapi tidak ada kerusakan pesawat.

Cedera yang dilaporkan termasuk luka robek, patah tulang, luka kepala, dan kehilangan kesadaran, terutama karena penumpang tidak mengenakan sabuk pengaman.

Pada tanggal 30 April, sebuah pesawat Cathay Pacific dari Shanghai yang mencoba mendarat di Hong Kong selama hujan badai amber berjuang melawan turbulensi yang intens dan dua kali gagal mendarat di bandara.

Penumpang menggambarkan muntah dan berteriak ketakutan di tengah perjalanan yang bergelombang dan berguncang.

Pesawat tersebut akhirnya dialihkan ke bandara Shenzhen untuk mengisi bahan bakar, sebelum mendarat dengan selamat di Hong Kong pada pukul 2.42 pagi hari berikutnya.

Pada bulan Juli 2023, tujuh orang terluka pada penerbangan Hawaiian Airlines menuju Sydney, Australia, ketika pesawat tersebut mengalami turbulensi parah.

Pada bulan Maret 2023, seorang mantan pejabat Gedung Putih meninggal setelah turbulensi parah menghantam jet pribadi yang dia tumpangi.

Pada bulan Desember 2022, 20 orang dibawa ke rumah sakit setelah turbulensi pada penerbangan Hawaiian Airlines dari Phoenix ke Honolulu.

Weatherilt mengatakan kecelakaan parah yang disebabkan oleh turbulensi udara hanya terjadi sekitar sekali setahun secara global dan biasanya terkait dengan turbulensi udara jernih di mana pilot tidak dapat menghindari berada dekat dengan arus jet.

Namun, para ahli dari Universitas Reading di Inggris memperingatkan bahwa turbulensi parah akan lebih sering terjadi karena arus jet menjadi lebih tidak dapat diprediksi akibat perubahan iklim.

4

3 dari 3 halaman

Apa yang Harus Dilakukan?

4. Apa yang bisa dilakukan penumpang untuk menjaga diri mereka tetap aman?

Weatherilt merekomendasikan agar penumpang selalu mengenakan sabuk pengaman, bahkan saat tanda sabuk pengaman dimatikan.

"Jangan pernah duduk dengan sabuk pengaman tidak terpasang," katanya. "Orang yang terluka dalam insiden di mana ada turbulensi yang tidak terduga, meskipun sangat jarang, adalah mereka yang duduk tanpa mengenakan sabuk pengaman."

Dia menambahkan bahwa selama turbulensi parah, kru udara memiliki peluang lebih tinggi untuk terluka karena penumpang sebagian besar akan duduk dengan sabuk pengaman terpasang, tetapi anggota kru mungkin berdiri ketika turbulensi menjadi lebih buruk dari yang diperkirakan.

"Selalu kenakan sabuk pengaman karena ada kemungkinan terjadinya kecelakaan," katanya. "Bahkan jika Anda mengenakan sabuk pengaman sedikit longgar, itu akan mencegah Anda terluka parah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.