Sukses

Euforia Pabrikan Otomotif dalam Olimpiade Rio 2016

Beberapa pabrikan otomotif dunia ambil bagian dalam Olimpiade Rio 2016. Selain sponsor resmi, ada pula yang jadi sponsor tim yang berlaga.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Olimpiade 2016 resmi digelar di Rio de Janeiro, Brasil, dari tanggal 5 hingga 21 Agustus 2016. Di sini, lebih dari 11 ribu atlet turut serta berkompetisi jadi yang terbaik.

Bisa dibilang, acara empat tahunan yang cikal bakalnya ditemukan di zaman Yunano Kuno ini adalah salah satu kompetisi olahraga terbesar di dunia. Tak heran kalau yang tertarik sangat banyak, termasuk dunia bisnis.

Dalam hal ini, pabrikan otomotif kenamaan dunia juga termasuk di antaranya. Mereka tak ingin kehilangan momen promosi dimana jutaan pasang mata di dunia mengarahkan pandangannya pada event ini.

Jeep misalnya, meski bukan sponsor resmi Olimpiade, mereka mengakalinya dengan menjalin kerja sama dengan tim basket Amerika Serikat (AS).

Lain halnya dengan BMW dan MINI. Mereka diperbolehkan untuk menggunakan emblem Olimpiade pada iklan terbaru. Menariknya, selain membawa unsur olahraga, mereka juga membawa pesan pluralisme dalam iklan tersebut.

Bahkan, BMW sengaja mengembangkan alat yang mampu meningkatkan kemampuan atlet renang tim AS. Pasalnya, pabrikan mobil mewah asal Jerman ini memang merupakan sponsor tim renang AS.

Sementara Toyota, untuk tahun ini pertama kalinya menjadi sponsor utama (top-tier) Olimpiade. Belum pernah ada dalam sejarah pabrikan otomotif lain jadi sponsor tingkat atas selain Toyota.

Meski demikian, status tersebut baru dapat mereka gunakan dalam kegiatan promosi di Jepang saja. Baru pada 2017 mereka boleh menggunakan embel-embel sponsor utama di seluruh dunia.

"Kami harap bisa mendapat pelajaran pada 2016 ini untuk kampanye global," ujar juru bicara Toyota, dikutip dari Automotive News.

Selain beberapa pabrikan itu, satu merek lagi yang juga meramaikan Olimpiade Rio 2016 adalah Chevrolet. Dalam hal ini, mereka membuat kampanye untuk mendukung atlet perempuan AS di semua cabang olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.