Sukses

Kabin Toyota Sienta Nyaman, Masak Sih?

Liputan6.com, Bandung - PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar media test drive Toyota Sienta dengan rute Jakarta-Bandung via tol Cipularang pada 21-23 Juli 2016. Sepuluh unit Toyota Sienta tipe Q, G dan V, menjadi teman perjalanan awak media termasuk Liputan6.com.

Pada kesempatan pertama kami penasaran menjadi penumpang Sienta tipe G. Masuk kabin melalui pintu geser, akses masuk ke dalam mobil terasa mudah karena ukurannya yang lebar, yakni 665 mm.

Untuk diketahui, pada tipe ini pintu geser otomatis hanya berfungsi pada sisi kiri. Buka tutup pintu ini juga bisa dikendalikan dari bangku pengemudi.

Meski dioperasikan secara manual, pintu sisi kanan memiliki keunggulan, yakni saat pintu Anda tidak sengaja menutupnya dengan rapat, maka fitur otomatis akan berkerja untuk menutup pintu dengan sempurna.



Kami pun duduk di baris kedua bersama seorang teman satu grup. Busa jok Sienta yang dibungkus material fabric terasa empuk dan lembut.

Jok baris kedua yang bisa maju dan mundur memudahkan kami untuk mendapatkan posisi yang nyaman. Terlebih lagi sandarannya bisa dimundurkan hingga nyaris merebah. Untuk perjalanan jauh, tentu posisi ini cukup memberikan rasa nyaman karena badan tidak terlalu tegak yang bisa membuat cepat capek.

Baris kedua Sienta terasa lapang untuk ukuran seseorang dengan tinggi badan 175 cm. Ruang kepala juga luas sehingga Anda tidak perlu khawatir kepentok saat mobil loncat karena menghantam lubang atau polisi tidur.

Sayangnya di baris kedua ini tidak tersedia arm rest baik dibagian tengah ataupun pada door trim. Untuk mengakalinya mungkin Anda bisa menggunakan bantal kecil untuk memberikan kenyamanan lebih.

Sienta tipe G menganut model AC double blower. Alhasil, embusan udara dingin begitu terasa karena levelnya bisa diatur sesuai keinginan.

Kabin Sienta bisa dikatakan memiliki tingkat kesenyapan cukup baik. Suara dari luar bisa diredam dengan baik.

Puas duduk di tengah, kami pindah ke depan. Jok model semi bucket seakan mendekap dari belakang sesaat tubuh bersandar untuk kenakan sabuk pengaman. Ruang kami terasa lapang dan head room juga cukup tinggi.

Duduk sebagai penumpang depan cukup mengasyikkan karena mobil ini memiliki visibilitas yang baik. Pada bagian depan kami juga mendapati Cooler storage di dashboard, dan Coin roller di dekat tuas transmisi.

Selain itu terdapat beberapa tempat penyimpanan lain, seperti cup holder di trim pintu, konsol tengah dan sisi kanan kiri dashboard. Mobil ini juga dilengkapi dengan airbags di tiga titik.

Perlu diketahui, pada tipe Q dan V terdapat ruang penyimpanan "rahasia" yang berada di bawah jok. Seat-Under Tray ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan sendal atau barang berukuran kecil lainnya.



Sayang kami belum sempat mencoba bangku baris ketiga karena banyaknya barang bawaan. Yang menarik, bangku baris ketiga bisa dilipat dan tersimpan di bawah jok baris kedua. Dengan begitu lantai pada baris ketiga menjadi rata.

Namun yang pasti jadi penumpang di baris ketiga akan tersiksa karena ruangnya yang sempit. Baris ketiga cocoknya untuk ditempati anak kecil ataupun Anda yang memiliki tubuh mungil dan langsing. hehe..