Sukses

Jangan Lupa, Bawa 5 Alat Ini Saat Mudik Pakai Mobil Pribadi

Liputan6.com, Jakarta - Mudik menjadi tradisi tahunan sejumlah masyarakat Indonesia. Ya, pada momen Lebaran, mereka melakukan perjalanan ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga.

Mobil pribadi masih jadi favorit. Sebab, waktu berangkat lebih fleksibel dan bisa mampir-mampir ke sejumlah tempat. Praktis, pergi ke bengkel untuk melakukan pengecekan dan penggantian komponen sudah jadi barang wajib.

Bahkan untuk meningkatkan kenyamanan selama perjalanan nanti, para pemudik mulai berburu aksesori, mulai dari sarung stir hingga perangkat hiburan yang bisa diakses penumpang.

Nah, jangan lupa Anda juga menyiapkan sejumlah alat yang dapat berguna ketika kondisi darurat. Berikut adalah lima alat yang wajib dibawa saat mudik:

- P3K

Kotak P3K menjadi peralatan yang selalu ada di mobil. Tapi lantaran jarang terpakai pastikan seluruh perlengkapan misal obat-obatan di dalamnya masih bisa dipakai.

- Kunci, dongkrak, dan segitiga

Pastikan perkakas untuk mengganti ban, dongkrak dan segitiga tersedia. Tak luput bawa pula perkakas lain seperti senter, obeng, tang, kabel ties, dan kunci pas.



- Jumper

Aki merupakan komponen yang sangat vital. Karenanya, bila aki ngadat tentu Anda perlu mengisi dayanya. Jagan lupa bawa kabel jumper, atau bila Anda punya dana lebih bisa membeli powerbank yang bisa digunakan untuk mengisi daya aki.



- Kompresor portable

Saat ban kempis dan tak ada bengkel atau SPBU yang menyediakan tempat menambah tekanan angin pada ban, kompresor portabel jadi penolong. Bila Anda punya dana lebih, ada baiknya membeli alat yang satu ini dan selalu membawanya ketika bepergian jauh.



- Ban serep

Tentu, ini sangat penting ketika ban mengalami kempis di jalan. Sebelum berangkat mudik, ada baiknya Anda melakukan pengecekan terhadap ban serep. Selain pastikan tekanan angin sesuai standar, periksa pula apakah kondisi fisiknya masih baik.

Loading