Sukses

124.435 Mobil Mitsubishi Indonesia Kena Recall, Ini Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di Indonesia, menarik (recall) 124.435 unit kendaraannya. Penarikan diberlakukan untuk kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, disebutkan ada empat jenis perbaikan yang akan dilakukan pada ratusan ribu mobil ini. Keempatnya adalah penggantian airbag inflator, aplikasi grease combination switch, ETACS ECU, dan fuel tank.

Penggantian airbag inflator disebabkan karena adanya potensi terlepasnya partikel yang dapat menyebabkan cedera pada momen kecelakaan, sementara switch yang rusak dapat membuat lampu eksternal tidak berfungsi.

Kemudian, penggantian ETACS ECU diharuskan karena komponen ini berpotensi rusak sehingga membuat headlamp dan wiper tidak berfungsi. Terakhir, penggantian fuel tank disebabkan karena potensi pengelasan kurang sempurna, yang akan berakibat pada kebocoran bahan bakar.

Sejauh ini memang belum ada laporan insiden yang terkait dengan masalah di atas. Namun, untuk berjaga-jaga, PT KTB akan segera memerintahkan pemilik unit memeriksakan kendaraannya ke dealer terdekat. Kampanye telah dimulai sejak kemarin (6/6/2016).

Adapun model tertua yang terkena recall diproduksi pada 2006, sementara yang terbaru dirakit pada 2014. Model terbanyak yang terkena recall adalah Pajero Sport produksi 2009 hingga 2014. Tak kurang dari 67 ribu unit harus ditarik karena masalah switch.

Berikut adalah daftar lengkap model yang terkena recall tersebut: