Sukses

Beda Toyota Sienta di Indonesia dan Malaysia, Apanya?

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Setelah diperkenalkan di Malaysia dalam ajang My Auto Fest 2016, Toyota kini secara resmi mengumumkan harga dan spesifikasi lengkap MPV Toyota Sienta. Apa harganya lebih mahal dibanding di Indonesia?

Melansir Paultan, Kamis (2/6/2016), UMW Toyota menjual Sienta varian G (A/T) dan V (A/T). Sienta G dibanderol dengan harga RM92.900 atau setara Rp305,2 juta, sementara Sienta V dihargai RM99.900 atau setara Rp328,2 juta.

Sebagai pembanding, di Indonesia Toyota Sienta G (M/T) dibanderol Rp245 juta, sementara yang bertransmisi CVT harganya Rp 260 juta. Sedangkan Sienta V dibanderol Rp 260 juta (M/T) dan Rp 275 juta (CVT). Catatannya, ini adalah harga yang diperoleh saat mobil baru diluncurkan, artinya bisa berubah sewaktu-waktu.

Di laman resmi Toyota Indonesia pun, harga Sienta tidak dirilis. Di sana masih tercatat angka nol, yang mengindikasikan harga mobil akan berubah.

Perbedaan lain selain harga adalah jumlah varian. Sebagaimana telah disebutkan, di Malaysia Sienta hanya punya dua varian: G dan V. Sementara di Indonesia, ada pula varian E yang merupakan kasta terendah, serta varian Q yang paling atas.

Sementara soal persamaan, baik Sienta Indonesia dan Malaysia sama-sama menggendong mesin 2NR-FE 1.5 liter Dual VVT-i yang hasilkan 105 Tk dan torsi 140 Nm.

Untuk diketahui, Toyota Sienta Malaysia dirakit di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Pabrik ini memang dibangun untuk memenuhi kebutuhan region ASEAN, selain pasar dalam negeri.