Sukses

Rossi Ajari Robot Balapan Pakai R1M

Motobot bisa mengambil keputusan sendiri selama berkendara tanpa instruksi manusia.

Liputan6.com, Tokyo - Yamaha sukses menciptakan robot yang bisa mengendarai motor. Kemampuan Motobot, begitu robot itu dinamai, rupanya membuat Valentino Rossi penasaran.

Pembalap kawakan tersebut lantas ingin melihat langsung bagaimana kemampuan berkendara Motobot saat memacu YZF-R1M di atas sirkuit. Ia terpukau atas kemampuan robot itu saat melihat aksi Motobot menggeber R1M.

Dilansir Autoevolution, Motobot memiliki kemampuan berkendara layaknya manusia karena memiliki bagian khusus yang mensimulasikan tangan dan kaki untuk memutar tuas gas, menggunakan kopling untuk oper gigi, serta mengoperasikan kedua rem. Motobot bisa mengambil keputusan sendiri selama berkendara tanpa instruksi manusia.

Namun demikian, pabrikan berlogo garputala ini tetap memasangkan roda bantu di sisi kiri dan kanan Motobot untuk memudahkannya saat menikung. Yamaha pun ingin agar Motobot bisa berkendara tanpa bantuan roda bantu dan sanggup memacu sepeda motor hingga 200 km/jam.

Tujuan Yamaha sebenarnya sedikit gila, mereka ingin agar Motobot sanggup melawan Rossi di sirkuit. Untuk itu, pembalap berjuluk The Doctor ditugasi menganalisis kemampuan Motobot saat mengendarai R1M.

Juara dunia sembilan kali ini ikut mengendarai R1M untuk memberi masukan kepada insinyur Yamaha kemampuan berkendara. Para insinyur kemudian memprogram kembali Motobot dari hasil analisa dan masukan tadi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini