Sukses

Yamaha Tarik YZF-R1 dan YZF-R1M Karena Masalah Transmisi

Yamaha menarik kembali (recall) seluruh model YZF-R1 dan YZF-R1M lansiran 2015 karena masalah gearbox.

Liputan6.com, Iwata - Yamaha menarik kembali (recall) seluruh model YZF-R1 dan YZF-R1M lansiran 2015. Penarikan ini, menurut pabrikan asal Jepang tersebut, adalah karena adanya potensi kerusakan pada gearbox.

Melansir Motorcyclenews, Rabu (23/12/2015), potensi kerusakan pertama kali diketahui mempengaruhi model yang dijual di Amerika dan Kanada, beberapa minggu yang lalu. Menyusul kemudian di Inggris. Sementara itu, menurut laman Auto NDTV, pengumuman recall untuk model yang sama juga baru dilakukan oleh Yamaha India.

Di AS, pemilik motor sport tersebut disarankan untuk tidak mengendarai tunggangannya terlebih dulu sampai ada pemberitahuan lanjutan. Sementara di Inggris dan India belum ada pengumuman serupa.

Dijelaskan, recall awalnya dikeluarkan karena desain transmisi rusak. Diketahui, roda gigi kedua dan pinion bisa patah saat mesin dijalankan karena pergeseran yang tidak tepat.

"Hal ini disebabkan karena kekuatan komponen yang tidak memadai dan konsentrasi tegangan. Selain itu, gigi roda ketiga dan keempat mungkin juga cacat," tulis surat pemberitahuan recall dari Yamaha AS.

Dijelaskan lebih lanjut, jika perpindahan gigi gagal, maka transmisi bisa mengunci. Ini membuat pengemudinya kehilangan kontrol, dan berakibat pada kecelakaan.

Yamaha akan memberitahukan perintah penarikan pada setiap konsumen yang motornya terindikasi rusak. Mereka hanya tinggal membawa tunggangannya ke dealer terdekat. Perbaikan tidak dipungut biaya sepeserpun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini