Sukses

Mobil Matik: Dulu Dibenci, Sekarang Dicari

Mobil matik menjadi fenomena bagi masyarakat perkotaan. Sebab, pengemudi cukup tinggal menginjak gas atau rem tanpa memainkan pedal kopling.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil matik menjadi fenomena bagi masyarakat perkotaan. Sebab, pengemudi cukup tinggal menginjak gas atau rem tanpa memainkan pedal kopling.

Tahun 1997 adalah pertama kalinya kami mengenal mobil dengan transmisi otomatis. Mobilnya Toyota Corona 2000, yang saat itu terlihat sangat canggih dengan speedometer digital, indikator perseneling di instrument cluster, dan jok yang empuk.

Mulai saat itu, rasa cinta terhadap mobil transmisi otomatis tidak pernah hilang meski banyak yang menertawakan karena transmisi ini dibilang ‘bolot’ dan membuat mobil seolah tidak bertenaga.

Alfred H. Munro, itulah pria yang pertama kali menggagas ide transmisi otomatis. Ia mendapatkan paten dari pemerintah Kanada pada tahun 1921, dan dari Inggris tiga tahun kemudian, dan dari Amerika Serikat pada tahun 1927 untuk penemuannya ini. Simak cerita selengkapnya soal mobil matik melalui tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.