Sukses

Replika Shelby Cobra Garapan Mahasiswa `Disuntik` Mesin Suzuki

Replika Shelby Cobra 427 dibangun dengan seluruh komponen yang dibuat secara rumahan.

Liputan6.com, New Delhi - Kelompok mahasiswa MIT Institute of Design di Pune, India berhasil membangun replika muscle car Shelby Cobra 427 yang menjadi mobil tercepat pada masanya. Karya ini merupakan arahan dari pembimbing untuk memenuhi tugas akhir mereka di program studi dari Departemen Transportasi.

Vishnu Prathap dan Suyash Kalbhor bertugas mendesain, sementara Deepak Vijayan dipercaya untuk membangun bodi berbahan fiberglass secara detil hingga sangat mirip dengan aslinya. Dua lainnya bertugas membantu menyelesaikan proyek replika.

Mobil dibangun dengan seluruh komponen yang dibuat secara rumahan, sedangkan mesinnya menggunakan Maruti 800, atau yang secara global dikenal sebagai merek Suzuki. Dilansir Rushlane, biaya yang dibutuhkan untuk membangun replika Shelby Cobra mencapai 500 ribu rupee atau sekira Rp 98,8 jutaan, yang seluruhnya ditanggung oleh kampus.

Proses pengerjaan Shelby Cobra ala India ini dimulai sejak Agustus 2015 dan memakan waktu sembilan bulan. Anggota tim menggarap mobil mulai dari jam 10 pagi sampai jam 1 dini hari saat mereka tidak pulang ke rumah.

Jika dilihat, karya para mahasiswa ini begitu identik dengan wujud asli Shelby Cobra 427. Hanya sedikit orang yang bisa mengetahui bila mobil bermesin Suzuki tersebut merupakan replika.

Sebagai informasi, Shelby Cobra 427 keluaran 1965 yang digunakan sebagai contoh memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 10,3 detik dengan kecepatan maksimum 265 km/jam. Muscle car itu merupakan rancangan Carroll Shelby, seorang desainer otomotif Amerika yang bekerja sama dengan pabrikan asal Inggris, AC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.