Sukses

Honda Bantah Suntik Mati Mobilio

Honda membantah kabar yang beredar bahwa mereka akan menghentikan produksi Mobilio.

Liputan6.com, Delhi - Beberapa waktu yang lalu, Honda Cars India dikabarkan akan menghentikan produksi MPV Mobilio. Alasannya dua. Pertama karena grafik penjualannya terus menurun, kedua untuk `memberi jalan` bagi BR-V, SUV yang baru saja diluncurkan.

Kemarin (22/3/2016), Honda India kepada Indianautosblog membantah rumor tersebut. "Tidak ada rencana untuk menghentikan Mobilio. Laporan sebelumnya spekulatif dan tidak benar," ujar juru bicara Honda India.

Untuk mempertegas komitmen ini, Honda India bahkan akan memperkenalkan versi terbaru Mobilio. Spesifikasinya sama persis dengan yang diluncurkan di Indonesia, Januari lalu.

Perubahan besar pada desain penyegaran ini berada di dalam kabin. Desain dashboard baru dikatakan terinspirasi dari BR-V. Dashboard sebelumnya, yang didasarkan pada Brio, dikritik karena kualitasnya yang dianggap rendah.

Meski membantah, penurunan penjualan Mobilio di India adalah fakta. Tercatat, mobil yang di Indonesia juga menjadi armada taksi ini hanya terjual sebanyak 226 unit pada Februari, turun 50 persen dibanding Januari yang mencapai 441 unit.

Bahkan, menurut data dari Automotive Research Association of India (ARAI), Honda Car India tidak memproduksi sama sekali Mobilio pada Oktober tahun lalu karena tidak adanya permintaan.

Kondisi yang sama juga sebetulnya dialami Honda Prospect Motor selaku Agen Honda di Indonesia. Hingga Februari ini, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Mobilio hanya 6.729 unit, turun 22 persen di periode yang sama tahun sebelumnya yang mencatatkan penjualan sebanyak 8.706 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini