Sukses

Alasan di Balik Tren Upsizing Mesin Yamaha

Upgrade kapasitas mesin merupakan salah satu bagian dari konsep Blue Core.

Liputan6.com, Bandung - Yamaha terus melakukan upgrade kapasitas mesin pada model-model teranyarnya. Yang terakhir, new Fino 125 Blue Core didukung mesin 125 cc menggantikan versi sebelumnya dengan kapasitas 115 cc.

Dijelaskan Mohammad Masykur, asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), upsizing atau peningkatan kapasitas mesin merupakan penyesuaian terhadap pasar global. Khusus untuk segmen skutik, upsizing tersebut merupakan salah satu bagian dari konsep Blue Core.

"Yamaha berpikiran line up dengan kapasitas mesin yang bertambah bukan hanya untuk market Indonesia, tetapi untuk global. Dalam konsepnya, Blue Core itu menginginkan tenaga yang bagus, irit, dan mesin yang tetap tahan lama," beber Masykur beberapa waktu lalu.

Dikatakan Masykur, Yamaha Jepang telah meramu mesin dengan berbagai kapasitas. Jadi, wujud Blue Core pada line up Yamaha berupa kenaikan kapasitas mesin namun jadi lebih irit.

Sementara itu, mesin Blue Core saat ini masih dikhususkan pada model skutik. "Kalau Cc-nya sama lebih irit, orang mikirnya biasa. Kalau ini kapasitas mesin naik tapi lebih irit 50% dari model lamanya," tuntas dia.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.