Sukses

Menjaga Pandangan Tetap Bersih Selama Musim Hujan

Arah semprotan air wiper sebaiknya sejajar dengan pandangan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat musim hujan, masalah yang seringkali dihadapi pengemudi adalah pandangan yang kurang jelas. Meskipun air di kaca sudah disapu oleh wiper, pandangan tetap saja bias.

"Pandangan ke depan penting. Setelah musim panas yang lama, karet wiper akan lemah dan retak sehingga tidak maksimal," ujar pereli nasional Rifat Sungkar.

Untuk mengatasi masalah pandangan yang bias, suami Sissy Priscillia ini menyarankan untuk memperhatikan karet wiper. Bila karetnya sudah getas dan tak maksimal menyapu air disarankan untuk diganti.

Atur arah semprotan air wiper

Kemudian, yang tak kalah penting adalah mengatur arah semprotan air wiper. "Orang banyak yang menyepelekan (air wiper). Saat mobil sedang dalam kecepatan tinggi terus terkena cipratan lumpur, air ini yang berfungsi langsung membersihkan kaca," jelas Rifat.

Untuk itu, lanjut Rifat, tidak ada salahnya bila pemilik mobil mengatur semprotan air jatuh sejajar dengan pandangan pengemudi. "Ini ada hubungannya dengan masalah aerodinamika mobil, jika titik semprot terlalu atas, air akan terkena angin," sambungnya.

Untuk menyetel arah semprotan air wiper, lanjut Rifat, caranya mudah. Cukup manfaatkan peniti dan arahkan lubang wiper. "Posisikan semburan air wipernya benar-benar tepat di depan kedua mata Anda," tuntasnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.