Sukses

Rambah Pasar India, Mengapa Honda BR-V Pakai Mesin yang Berbeda?

Liputan6.com, Rajasthan - Meskipun belum mengaspal di Indonesia, Honda BR-V telah direncanakan untuk merambah pasar internasional, salah satunya adalah India.

Lantas, apakah Honda BR-V di India itu adalah mobil yang diproduksi oleh Honda Prospect Motor (HPM) di pabriknya di Karawang, Jawa Barat?

Sayangnya, sepertinya tidak demikian. Sebagaimana dilaporkan Inautonews, Honda juga akan memproduksi BR-V di India, tepatnya di pabrik Honda Cars India di Tapukara, Rajasthan. Adakah yang membedakan keduanya?

Sumber internal Honda India menyebutkan bahwa BR-V India akan dilengkapi dengan mesin Diesel i-DTEC 1.6 liter. Jadi, berbeda dengan di Indonesia, di mana BR-V dijajakan dengan menggendong mesin bensin i-VTEC berkapasitas 1,5 liter.

Nampaknya, perbedaan ini dibuat untuk memenuhi permintaan pasar lokal. Apalagi, merupakan hal yang wajar jika spesifikasi model tertentu berbeda antara satu pasar dengan pasar lainnya.

Menurut sumber yang sama, Honda BR-V juga akan dijajakan dengan mesin Diesel untuk memenuhi permintaan pasar global. Adapun untuk tahap awal, Honda India menargetkan angka produksi sebanyak 36.000 unit tiap tahunnya.

Untuk diketahui, saat ini Honda Mobil India telah menjajakan banyak mobil dengan mesin Diesel, khususnya yang berkapasitas 1,5 liter. Selain Honda BR-V, model-model tersebut adalah Amaze, City, Mobilio, dan Jazz.

(rio/sts)