Sukses

Kecelakaan Mobil Balap Termahal Sepanjang Sejarah

Kecelakaan ini melibatkan mobil senilai Rp 424,69 Miliar.

Liputan6.com, London - Balap mobil Autumn Classic di Inggris merupakan ajang adu kecepatan dengan peserta mobil-mobil klasik. Namun demikian, ajang balap ini berubah menjadi peristiwa kecelakaan mobil termahal sepanjang sejarah.

Dilansir Telegraph, kecelakaan ini melibatkan Aston Martin DBR1 yang dikendarai oleh Sir Stirling Moss, sebuah Jaguar XK 120 dan Austin Healey 100. Ketiganya mengalami tabrakan saat memasuki lap ke-10.

Adapun Jaguar XK 120 harganya saat ini sekitar 100 ribu pound sterling atau sekira Rp 2,1 miliar, Austin Healey 100 harga termahalnya 60 ribu pound sterling atau sekira Rp 1,26 miliar dan yang termahal yaitu Aston Martin DBR1 senilai 20 juta pound sterling atau sekira Rp 421,32 miliar. Jika ditotal, ketiga mobil klasik nahas ini senilai 20,16 juta pound sterling atau sekira Rp 424,69 miliar.

"Untungnya, hampir semua kerusakan dapat diperbaiki dan mobil akan segera dikembalikan ke kondisi semula. Hal yang terpenting adalah tidak ada yang terluka," ujar John Moon, petugas humas di sirkuit.

Ia pun sangat menyayangkan terkait kecelakaan yang melibatkan Aston Martin. Meskipun begitu, Moon menyebut jika Aston Martin dengan harga fantastis tersebut memang diciptakan untuk balapan.

"Akan menjadi tragedi besar jika Aston Martin tersebut hanya terkunci di sebuah museum," tutupnya.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini