Sukses

Pembalap Ini Pasang Spion di Helmnya

Rannie Pete, pembalap asal Inggris ini temukan helm dengan spion di sebelah kanannya.

Liputan6.com, London - Saat ini, sangat lazim melihat spion melekat pada kendaraan itu sendiri. Tapi, siapa yang sangka, jika pernah ada yang memikirkan untuk memasang kaca spion di helm?

Sang penemu itu bernama Rannie Pete. Dalam jurnal Pupular Science, vol 156 no 6, Juni 1950, profil pria ini dan penemuannya dijelaskan secara singkat.

Dijelaskan, Pete adalah seorang pembalap motor tahun 1950 asal Inggris. Ia menemukan alat ini karena masalah dalam balapan yang dihadapinya.

"Untuk mengawasi apa yang ada di belakangnya sebaik apa yang ia lihat di depan, Pete akhirnya menciptakan helm dengan spion," tulis jurnal tersebut, dikutip Selasa  (29/9/2015).

Sebagaimana terlihat pada foto, spion dilekatkan di bagian kanan melebar dengan bantuan dua bilah besi yang menempel di helm. Pengemudi tinggal melirik kaca saja untuk melihat kondisi di belakang.

Tetapi nampaknya, sebagaimana menurut laman Visordown, helm ciptaannya tidak pernah diproduksi massal, meskipun tidak disebutkan apa alasannya.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.