Sukses

Seperti Mad Max, ISIS Gunakan Truk untuk Serang Musuh

Salah satu truk yang pernah mereka gunakan bermerek Belaz buatan Belarusia

Liputan6.com, Serpong - Film Mad Max yang menceritakan bagaimana suku barbar mempertahankan dan menyerang wilayah musuh menggunakan tunggangan-tunggangan modifikasi bersenjata lengkap ternyata ada di dunia nyata.

Kelompok barbar tersebut adalah ISIS. Sejak kemunculannya, telah beberapa kali mereka menggunakan kendaraan, utamanya truk besar, untuk menyerang objek-objek vital milik pemerintah. Truk tersebut biasanya dilengkapi dengan peledak.

Dilaporkan Worldcarfans, salah satu truk yang pernah mereka gunakan bermerek Belaz buatan Belarusia. Truk pengangkut bahan tambang tersebut digunakan mereka untuk menyerang sebuah lapangan udara terpenting di Suriah.

Sebelum itu, mereka juga pernah melakukan hal serupa untuk menyerang pangkalan udara militer T4 yang berlokasi di Homs, Suriah. Tempat yang sangat strategis. Saat itu, beberapa orang menjadi korban dan stasiun radar hancur.

Tentu sangat sulit untuk menghentikan truk raksasa seperti ini. Apalagi, sering kali truk yang mereka gunakan anti peluru. Sebuah pekerjaan rumah bagi para otoritas terkait untuk mengantisipasi serangan serupa di masa depan.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini