Sukses

Seabreacher, Mobil Laut yang Lebih Kuat Dibanding Tiga Sportscar

The Seabreacher, mobil yang mampu menyelam ke laut dan memiliki desain mirip hiu.

Liputan6.com, California - Sebuah mobil bernama Seabreacher kembali dipamerkan oleh pabrikan Innespace Productions di California, Amerika Serikat (AS). Seperti namanya, mobil ini tidak digunakan di jalan aspal, melainkan di laut.

Ya, Anda tidak salah baca. Mobil ini bahkan sudah dikirim ke lebih dari 100 konsumen sejak pertama kali diperkenalkan pada 2013. Pertama kali dijual dengan harga US$ 80 ribu, tetapi sekarang harganya telah meningkat lebih dari enam digit.

Seperti yang dilaporkan Carscoops, Selasa (9/6/2015), cara kerja mobil ini mirip jetski. Bedanya, seluruh permukaan tertutup, sehingga pengemudi tidak kebasahan. Kontrol di dalam kabin menyerupai kapal selam.

Mobil ini memiliki tenaga 300 Tk dengan berat hanya 612 kg. Dengan tenaga dan berat tersebut, mobil ini memiliki power to weight ratio (PWTR) yang lebih baik dibanding sportscar seperti Ferrari F12Berlinetta, Lamborghini Aventador, serta Porsche Carrera GT. Jika PWTR Seabreacher mencapai 490,2, maka tiga sportscar lain masing-masing hanya memiliki PWTR 451,2, 444,4, dan 404,3.

Lebih menariknya lagi, desain Seabreacher menyerupai sebuah hiu, lengkap dengan gambar gigi tajam di bagian depan bawah. Sebagaimana hiu, desain tersebut dibuat agar Seabreacher mampu melaju dengan lancar di permukaan air dan sesekali menyelam.

Seabreacher, mobil laut produksi Innespace Productions (Foto: Gizmag).

Satu-satunya kelemahan dari mobil air ini adalah penggunaan mesin bensin konvensional yang justru membutuhkan udara. Perlu eksperimen lebih lanjut, misalnya, dengan membuat motor listrik atau baterai sebagai sumber energi.

Adapun Seabreacher ini merupakan hasil kerja keras tim Innespace Productions selama 15 tahun. Sampai sekarang, proyek yang didanai pihak swasta tersebut terus melakukan pengujian dan perbaikan untuk mendapatkan model yang sempurna.

(rio/sts/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini