Sukses

Cara Kerja Fitur Baru Honda Accord

New Honda Accord VTi-L ES menjadi produk terbaru yang dirilis PT Honda Prospect Motor

Liputan6.com, Jakarta - New Honda Accord VTi-L ES menjadi produk terbaru yang dirilis PT Honda Prospect Motor (HPM). Adapun perbedaan dengan model terdahulu adalah adanya tambahan tiga fitur keamanan terbaru.

Ketiga fitur tersebut diantaranya Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Braking System (CMBS), dan Lane Keeping Assist System (LKAS).



Fitur ACC berfungsi untuk mengatur akselerasi atau deselerasi secara otomatis tanpa menginjak pedal demi mempertahankan jarak aman. Fitur ini bekerja melalui millimeter wave radar yang diletakan pada bagian depan mobil tepatnya dibalik emblem huruf 'H'.

Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup tekan tombol main kemudian pencet tombol -/set pada roda kemudi. Fitur akan aktif dengan muncul ikon ACC pada multi information display (MID) dengan syarat transmisi berada pada posisi D atau S dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam, serta jarak jangkauan radar sejauh 120 meter. Untuk menonaktifkannya, cukup menekan tombol cancel atau main atau menekan pedal rem.



Sementara fitur CMBS yang memberikan peringatan secara bertahap ketika sistem mendeteksi adanya potensi benturan dengan kendaraan di depannya bekerja ketika sensor radar mulai memonitor apabila terdapat kendaraan di depan saat kecepatan kendaraan berada di atas 15 km/jam.

CMBS akan berfungsi ketika perbedaan kecepatan antara mobil dengan kendaraan di depan lebih dari 15 km/jam dengan kemungkinan terjadinya tabrakan. Adapun peringatan yang muncul dari sistem ini berupa audio visual, mengencangkan seatbelt serta mengaktifkan rem secara bertahap agar benturan terhindarkan.



Sedangkan fitur LKAS yang dapat memberikan suara dan menambah torsi kemudi untuk membantu mengendalikan kendaraan ke jalur semula dapat bekerja berkat Monocular Camera yang berada di balik spion tengah.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup tekan tombol main lalu tombol LKAS pada roda kemudi saat berada di dalam jalur. Apabila ingin menonaktifkannya tekan kembali tombol main atau LKAS.

Sistem dapat digunakan ketika dalam jalur yang dilalui memiliki penanda jalur yang terdeteksi pada kedua sisi dan kendaraan berada di tengah jalur, kecepatan kendaraan lebih dari 72 km/jam dan mobil berada pada jalan yang lurus atau sedikit berbelok.

Dengan sederet tambahan fitur ini, harga new Accord menjadi Rp 650 juta On the Road Jakarta atau naik sekira Rp 67 juta dari model sebelumnya. Ada empat pilihan warna yang disodorkan, yakni Steel Metallic, White Orchid Pearl, Alabaster Silver Metallic dan Crystal Black Pearl.

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.