Sukses

Jaguar Berambisi Bikin Mobil Sport Berbobot Ringan

Jaguar tengah menyiapkan konsep supercar dengan mesin kapasitas kecil bertenaga gahar.

Liputan6.com, London - Suksesnya Jaguar menggarap F-Type Project 7 membuat pabrikan tersebut tak sabar menambah varian sport lain. Mengincar bobot ringan, para insinyur Jaguar saat ini tengah bekerja keras untuk desain mobil sport berbobot ringan.

Melansir laman Leftlanenews, Selasa (8/7/2014), khusus proyek ini, para insinyur Jaguar mendapat bantuan dari divisi tuning mereka yaitu Special Operation Vehicle (SOV). Hasilnya? Konsep supercar bernama C-X75 dengan mesin performa gahar berkapasitas kecil tengah digodok di dapur Jaguar.

C-X75 kabarnya akan mengusung mesin empat silinder berkapasitas 1,6 liter yang dilengkapi turbocharger dan supercharger. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 500 horse power (HP). Tak hanya menghasilkan tenaga buas, mesin anyar ini juga mampu digeber secara ekstrim hingga mencapai 10.000 rpm.

"Kami merancang mesin supercar mahal seharga 1 juta poundsterling atau sekitar Rp 20,13 miliar (Kurs Rp 20.127 per poundsterling). Pastinya, mesin tersebut akan berkinerja super mengikuti tuntutan pasar atas kombinasi kapasitas mesin kecil berperforma tinggi," papar Paul Newson, Direktur SVO.

Saat ini SVO sendiri masih disibukkan dengan banyaknya antrian pesanan Jaguar F-Type Project 7. Varian Project 7 mengusung mesin yang sama dengan F-Type standar yaitu mesin V8 berkapasitas 556 hp, namun dengan bobot yang dipangkas hingga 87 kilogram.

Menurut rumor, divisi SVO saat ini sedang lembur menggarap tiga proyek sekaligus. Dua diantaranya diharapkan telah dapat diperkenalkan mulai tahun depan (2015). (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini