Sukses

Daftar 4 Mobil BMW yang Paling Diburu Konsumen Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - BMW terus berupaya memperkuat eksistensinya di pasar dalam negeri dengan menelurkan mobil terbaru. Tahun ini, ada 10 model lagi yang akan disingkap perusahaan untuk memberikan alternatif pilihan mobil premium ke Indonesia.

Diungkapkan Corporate Communication Departemen, BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, pada Selasa (20/5/2014) mengatakan pasar mobil premium di dalam negeri masih berada di bawah satu persen dari keseluruhan pasar roda empat. Namun ia optimistis potensi pasar mobil premium akan terus tumbuh.

Terhitung, pabrikan mobil mewah asal Jerman itu memiliki sejumlah model untuk dilepas ke pasar Indonesia. Untuk model sedan ada Seri 1, 3, 5, 6 dan 7 dan non sedan pabrikan memiliki X1, X3, X5 dan X6.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), BMW berhasil membukukan penjualan dari pabrik ke dealer atau wholesales mencapai 893 unit hingga April tahun ini.

Adapun, BMW Group Indonesia mengakui terdapat sejumlah model yang memiliki kontribusi cukup tinggi terhadap penjualan secara keseluruhan. Apa saja? Berikut daftarnya:

1. BMW X5 [22 unit]



Menyusul sukses BMW X5 di pasar dalam negeri, pabrikan kembali menetaskan generasi terbaru dari mobil di segmen Sports Activity Vehicle (SAV) itu pada Maret tahun ini.

Selain sukses di Indonesia, BMW juga menjadi mobil yang diakui konsumen dunia. Meskipun dari sisi volume tidak terlalu besar, sepanjang tahun ini BMW Group Indonesia berhasil menjual sebanyak 22 unit X5.

Sepanjang April saja, pabrikan berhasil menjual BMW X5 sebanyak 14 unit. Dengan harga X5 terbaru yang dipatok Rp 1,3 miliar, perusahaan berhasil membukukan sebesar Rp 18,2 miliar dari penjualan model SAV teranyar saja.

2 dari 4 halaman

BMW X1

2. BMW X1 [115 unit]

Mobil yang masuk segmen crossover premium ini hadir dengan mengusung fitur BMW Efficient Dynamics yang menekankan rendah emisi dan kenyamanan berkendara.

Sepanjang tahun ini, BMW berhasil mencatatkan penjualan model X1 sebanyak 115 unit. Data Gaikindo menunjukkan, penjualan tertinggi model ini di dalam negeri tercatat pada Januari dengan menorehkan sebanyak 59 unit.

Adapun, pabrikan asal Jerman ini menyediakan dua tipe X1 untuk pasar dalam negeri, yakni sDrive18i dan sDrive20d. Namun, tipe sDrive20d yang menggunakan bahan bakar solar tidak begitu digemari konsumen Indonesia, yang hanya terjual satu unit sepanjang tahun ini.

3 dari 4 halaman

BMW Seri 5

3. BMW Seri 5 [237 unit]

Di urutan model BMW yang mencatatkan angka penjualan tertinggi di dalam negeri, BMW Seri 5 berhasil menempati urutan kedua. Berdasarkan data dari Gaikindo, model ini berhasil membukukan angka penjualan sebanyak 237 unit sepanjang tahun ini.

Sama seperti model BMW X1, angka penjualan dari distributor ke diler atau wholesales paling banyak pada Januari dengan 47 unit.

Di dalam negeri pabrikan menyediakan tiga tipe dari Seri 5. Tipe 320i yang menggunakan mesin bensi berkapasitas 2,0 liter dengan transmisi otomatis menjadi yang terlaris.

4 dari 4 halaman

BMW Seri 3

4. BMW Seri 3 [417 unit]

Seri 3 merupakan model yang berkontribusi besar dalam jualan BMW di dalam negeri. Tak heran, pabrikan melepas lima tipe dari model tersebut ke pasaran.

Data Gaikindo menyebutkan, Seri 3 520i yang menggunakan mesin diesel berkapasitas 2,0 liter dengan kombinasi transmisi otomatis menjadi model yang paling laris. Penjualan Seri 3 sepanjang tahun ini mencapai 417 unit.

Bahkan untuk memperkuat jualan, BMW baru saja merilis all-new BMW 320i Gran Turismo yang ditawarkan dengan harga Rp 859 juta off the road OTR. (Gst/Igw)

Loading