Sukses

Anak Usaha Pertamina Raih 3 Iso Sistem Manajemen Lingkungan

 

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina Bina Medika – Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC) meraih tiga sertifikasi ISO terkait sistem manajemen lingkungan, mutu, serta keselamatan, dan kesehatan kerja (K3), yakni ISO 9001 :2015 (Sistem Manajemen Mutu), ISO 45001 :2018 (Sistem Manajemen K3), dan ISO 14001 : 2015 (Sistem Manajemen Lingkungan).

Sertifikasi ini merupakan wujud komitmen perusahaan yang bertanggung jawab dan keberlanjutan.

Direktur Medis Pertamedika IHC dr. Asep Saepul Rohmat, Sp.PD, KGEH, FINASIM mengungkapkan apresiasinya atas perolehan sertifikasi lingkungan tersebut.

Pihaknya menilai, ISO 14001 merupakan standar yang memadukan dan menyeimbangkan kepentingan bisnis dengan lingkungan hidup.

Sehingga, upaya perbaikan kinerja yang dilakukan oleh perusahaan senantiasa disesuaikan dengan sumber daya perusahaan, baik terkait manusia, teknis, atau finansial.

“Sertifikat ISO yang kami peroleh ini merupakan wujud nyata Pertamedika IHC dalam bisnis kesehatan secara bertanggung jawab, aman dan berkelanjutan serta memperhatikan aspek lingkungan. Perseroan juga akan senantiasa melakukan perbaikan terus menerus untuk mencapai target perusahaan yang berkelanjutan,” jelas dr. Asep di sela seremoni pemberian ISO 14001:2015 oleh perwakilan Badan Sertifikasi Worldwide Quality Assurance (WQA) dikutip Kamis (8/12/2022).

Sistem Manajemen ISO 14001 : 2015 adalah sebuah standar internasional berkaitan dengan pengelolaan lingkungan yang mengatur bagaimana perusahaan menjalankan bisnis tanpa mencemari lingkungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ketentuan Hukum

Selain itu, perusahaan senantiasa mematuhi segala ketentuan hukum yang berkaitan dengan lingkungan yang berlaku di Indonesia dan sesuai dengan standar internasional.

dr. Asep menambahkan, proses penilaian perusahaan terhadap sertifikasi ini berjalan sejak pertengahan tahun 2022, dimana seluruh pekerja melakukan pengumpulan data dan wawancara audit lingkungan oleh Assessor independent.

Perseroan dinyatakan memenuhi kualifikasi karena mampu menunjukan kinerja sejalan dengan tiga komitmen yang diperlukan dalam penilaian ISO antara lain pencemaran lingkungan, kesesuaian dengan undang-undang dan perbaikan berkesinambungan dari sistem manajemen lingkungan.

Pertamedika IHC merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Perusahaan juga merupakan induk usaha rumah sakit BUMN yang mengelola 36 Rumah Sakit dan berafiliasi dengan 39 rumah sakit, serta 172 klinik kesehatan di seluruh Indonesia.

Pertamedika IHC Group memberikan pelayanan komprehensif dan terpadu, dengan dukungan professional medis, perawatan dan penunjang medis yang berkompeten dan teknologi kesehatan terkini.

 

3 dari 4 halaman

Srikandi BUMN Puji Posko Kesehatan Pertamina Pulihkan Warga Terdampak Gempa

Sebelumnya, Kabupaten Cianjur pada Senin (5/12) lalu memperoleh kunjungan istimewa, dari para Srikandi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdiri dari Elizabeth Tjandra (Lisa) Thohir, istri dari Menteri BUMN Erick Thohir.

Elizabeth Tjandra ditemani para wanita yang menduduki jajaran direktur BUMN diantaranya Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Sumber Daya Manusia Pupuk Indonesia Tina T. Kemala intan, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar, Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti, dan Direktur Strategi Bisnis dan Pemasaran PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Christine Hutabarat.

Enam+01:54VIDEO: 50 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2022Bertolak dari kediamannya di Jakarta pagi dini hari, para Srikandi tiba sekitar pukul 10.00 di Cianjur dan langsung berkunjung ke beberapa posko milik BUMN. Salah satunya, posko PT Pertamina (Persero) di wilayah Mekarsari, Kp. Panembong Kaler, Cianjur.

Posko Pertamina menyediakan berbagai layanan untuk masyarakat Cianjur, dalam rangka pemulihan serta penguatan fisik dan mental paska terkena gempa Cianjur 5,6 SR pada 2 pekan lalu.

Pada posko Pertamina tersebut tersedia Dapur Umum yang menyediakan makanan sehari-hari untuk 150 kepala keluarga, posko trauma healing yang menyediakan berbagai aktivitas menyenangkan untuk anak-anak, serta posko layanan kesehatan yang dijalankan oleh anak usaha perseroan, PT Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC).

Di sela kunjungan tersebut, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengingatkan tim medis untuk tetap menjaga kesehatan sehingga mampu melayani masyarakat dengan maksimal.

Direktur Medis Pertamedika IHC dr. Asep Saepul Rohmat, Sp.PD, KGEH, FINASIM menyambut baik kunjungan Srikandi BUMN ini, sebagai semangat untuk tim kesehatan.

Dalam penjelasannya, dr. Asep mengungkapkan tim Pertamedika IHC dan beberapa perusahaan BUMN yang tergabung dalam cluster kesehatan saat ini telah melayani 820 warga, sejak pertama kali tim medis beroperasi pada Selasa (22/11).

Dia menjelaskan, angka kesakitan meningkat sejak 3 hari terakhir, sehingga kunjungan warga ke posko kesehatan menjadi 120 orang per hari dari sebelumnya di kisaran 50 orang. Keluhan terbanyak adalah batuk pilek karena masyarakat masih tinggal dalam tenda pengungsi di tengah cuaca yang masih sering hujan.

"Selain memberi pengobatan di posko, tim medis IHC juga berkunjung ke tenda dan rumah warga untuk memeriksa kesehatan," jelas dr Asep.

4 dari 4 halaman

3 Tim Medis

Pertamedika IHC mengirimkan tiga tim medis dari rumah sakit jaringan Pertamedika IHC secara bergantian, dimana setiap tim dilengkapi ambulans mini ICU/rescue, tenaga medis dokter dan perawat serta relawan, dan membawa obat-obatan yang diperlukan oleh masyarakat.

"Menghadapi kondisi darurat seperti saat ini, tentu tidak mudah. Kehadiran kami merupakan upaya untuk tidak hanya memberi layanan kesehatan, namun juga mengedukasi masyarakat supaya bisa bertahan dan menjaga kesehatannya di tengah kondisi yang tidak nyaman," jelas dr. Asep.

Pertamedika IHC merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Perusahaan juga merupakan induk usaha rumah sakit BUMN yang mengelola 36 Rumah Sakit dan berafiliasi dengan 39 rumah sakit, serta 172 klinik kesehatan di seluruh Indonesia. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS