Sukses

Bukan Sekadar Buah, Ini Dia Manfaat Leci dan Kelengkeng Buat Perawatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Leci atau lengkeng bukan hanya sekadar buah. Ternyata keduanya berkhasiat dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak. Hadirnya kedua buah tersebut bisa memberikan banyak manfaat khususnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Dilansir dari laman Hindustan Times, Kamis (28/7/2022), seorang Ahli Gizi Rohini Patil berbagi cerita bahwa “Lengkeng adalah buah yang mengandung antioksidan yang membantu menunda tanda-tanda penuaan seiring bertambahnya usia.

Vitamin dan antioksidan yang ada dalam lengkeng dapat membantu mencegah kulit Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal.

Ini adalah rahasia Anda untuk kulit awet muda dan tanpa cela. Vitamin C yang ada dalam Leci membantu mengurangi hiperpigmentasi, jerawat, garis-garis halus dan kerutan.”

Ia menambahkan, “8 sampai 9 buah leci yang matang dan berukuran rata-rata dapat memenuhi kebutuhan harian Vitamin C.

Formula pendingin Litchi diformulasikan secara khusus untuk melindungi kulit yang baru di-wax dari sinar matahari. Ini mengandung vitamin E tingkat tinggi untuk mengisi minyak alami dan menenangkan kulit sensitif."

Menguraikan hal yang sama, seorang Ahli Diet dan Gizi sekaligus Fisioterapis dan Pendidik Diabetes Bersertifikat Archana Batra menjelaskan, “Buah mengandung kandungan air yang tinggi menjadikannya buah yang sempurna untuk membuat Anda tetap terhidrasi bersama dengan vitamin, mineral dan antioksidan, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan Anda.”

Menunjukkan bahwa leci tinggi serat dan vitamin B6. Keduanya membantu meningkatkan metabolisme. Archana Batra mengatakan, “Karena leci tinggi antioksidan dan flavonoid, sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki metabolisme lambat dan juga membantu dalam pencernaan makanan, produksi sel darah merah (eritrosit) dan pencegahan penyakit inflamasi.”

Tidak hanya itu, buah ini pun memiliki banyak vitamin C yang membantu menghilangkan racun. Selain itu, juga dapat membantu pembentukan kolagen dan menjaga kesehatan tulang dan tulang rawan. Leci bahkan merupakan antioksidan yang sangat baik dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

2 dari 2 halaman

Bermanfaat Buat Kulit

Menyebut leci gudangnya vitamin C, Ahli Diet Vidhi Chawla mengatakan bahwa leci membantu berbagai masalah kulit, seperti penuaan dan pengencangan kulit.

Dia berkata, “Mengkonsumsi leci sangat baik untuk kesehatan Anda di musim panas karena terik matahari dan sinar UVnya membakar kulit dan leci telah terbukti membantu dalam mencegahnya. Demikian pula, cuka leci dan jus leci dapat dikonsumsi untuk mengobati kulit yang sudah terbakar sinar matahari. Sebagai tambahan, karena kaya akan Vitamin C, ini juga membantu kulit yang meradang karena paparan panas yang berlebihan.”

Di sisi lain, Ruchita Acharya sebagai Pendiri Glow and Green menegaskan bahwa leci bukan hanya gudang vitamin C tetapi juga sumber oligonol polifenol yang sangat baik. Dia mengungkapkan, “Oligonol telah dipelajari secara ekstensif dan terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh manusia secara umum karena mengurangi stres oksidatif.”

Menariknya, menggunakan leci sebagai bahan perawatan kulit bahkan sebagai bagian dari DIY, akan sangat membantu menjadi lebih sehat, lebih muda dan kencang karena juga bermanfaat dalam mengurangi lemak visceral. Misalnya, pulp leci dapat diekstraksi dan dicampur dengan vitamin E atau minyak esensial apa pun untuk manfaat tambahan.

Advokat Kesehatan dan Pelatih Nutrisi Eshanka Wahi berbagi bahwa buah-buahan yang berair dan berbahan dasar air bermanfaat bagi tubuh dalam segala hal. Sebab, dapat membuat tubuh tetap terhidrasi, membantu memenuhi kebutuhan air harian, membuat kulit kita bercahaya dan lezat.

Dia berkata, “Lengkeng adalah buah eksotis musiman yang kaya nutrisi. Leci tidak hanya memiliki manfaat kesehatan tetapi juga dapat memberikan keajaiban pada semua jenis kulit. Leci mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat membantu menunda tanda-tanda penuaan seiring bertambahnya usia. Tubuh Anda menghasilkan radikal seiring bertambahnya usia, tetapi sifat efektif lengkeng dapat mencegah radikal ini merusak kulit Anda.”

Kesimpulannya, leci termasuk buah tinggi antioksidan vitamin C, vitamin B-kompleks, dan flavonoid fitonutrien dan antioksidan sehingga mampu melindungi tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh polusi dan radiasi ultraviolet.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati