Sukses

Inilah yang Terjadi Bila Minum Kopi Saat Perut Keroncongan

Liputan6.com, Jakarta Kopi adalah minuman yang sering dinikmati oleh sebagain orang di pagi hari. Sebelum memulai hari dan menjalani kesibukan yang padat, secangkir kopi biasanya dianggap dapat menyegarkan.

Sebab, kopi tersebut dipercaya dapat mengusir rasa kantuk yang datang. Akan tetapi, apakah minum kopi ketika perut kosong itu baik?

Melansir laman Timesnownews, Rabu (12/1/2022), secangkir kopi yang diminum dalam kondisi perut kosong atau keroncongan itu mungkin akan membuat sakit.

Dalam dunia kesehatan, ternyata benar bahwa minum kopi saat perut kosong dapat menyebabkan beberapa masalah.

Masalah yang biasanya terjadi biasanya terkait saluran pencernaan. Entah terjadi refluks asam, mual, atau gangguan pencernaan lainnya.

Masalah tersebut pun mungkin akan terjadi dalam waktu yang cukup lama bagi wanita hamil. Jadi, mereka harus berhati-hati dan sebaiknya menghindari kopi disaat perut kosong atau keroncongan.

Selain itu, kondisi perut yang kosong karena tidak adanya makanan di perut itu kemudian akan merusak lambung. Alhasil terjadilah masalah pada lambung.

Oleh sebab itu, bila Anda memang ingin minum kopi di pagi hari sebaiknya coba konsumsi terlebih dahulu beberapa makanan, misalnya makan semangkuk sereal. Setelah itu, barulah minum kopi tersebut.

 

 

2 dari 2 halaman

Cara minum kopi dengan aman

Selain itu, berikut ini cara minum kopi supaya aman sehingga Anda bisa meminimalisir gangguan akibat kopi tersebut.

1. Jangan mengkonsumsi kafein melebihi asupan aman harian yang direkomendasikan. Batas aman mengonsumsi kopi bagi orang dewasa rata-rata - 400 mg.

2. Hindari gula tambahan yang berlebih pada kopi. Lebih baik gunakan pemanis yang sehat, seperti stevia sebagai gantinya.

3. Jadikan air sebagai minuman pertama saat memulai hari.

4. Hindari minum kopi di malam hari karena dapat mengganggu tidur.

5. Selalu makan sesuatu sebelum minum kopi ketika pagi hari.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati