Sukses

Kenali 6 Minyak Esensial Ini Guna Redakan Cemas dan Stres

Liputan6.com, Jakarta Di tengah sibuknya kegiatan sehari-hari, banyak dari kita yang mengalami situasi stres, baik itu dalam kehidupan pribadi atau kehidupan kerja. Stres adalah hal yang konstan bagi sebagian dari kita, dan itu bukanlah suatu kondisi yang dapat diabaikan.

Manusia tidak dapat mengontrol apa yang menjadi penyebab stres, tetapi Anda dapat terhibur dengan menenangkan pikiran untuk beberapa waktu dengan bantuan aromaterapi.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa kondisi seperti depresi kronis atau kondisi kesehatan mental lainnya dapat dibantu dengan aromaterapi, tetap perlu menemui ahli kesehatan mental.

Aromaterapi dengan minyak esensial bekerja dengan baik untuk menenangkan saraf atau menenangkan pikiran jika merasa terlalu stres dan tidak dapat menemukan cara untuk bersantai sendiri.

Aromaterapi dengan minyak esensial pereda stres dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, pencernaan, dan fungsi tubuh lainnya yang terpengaruh atau disebabkan karena stres dan kecemasan.

Melansir dari laman Femina, di bawah ini daftar minyak esensial yang membantu menenangkan pikiran Anda.

1. Minyak Esensial Vetiver

Minyak esensial ini memiliki aroma musky dan berumput yang dipercaya dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Mudah digunakan karena dapat dioleskan ke kulit Anda secara langsung atau dicampur dengan kombinasi minyak esensial lainnya. Minyak vetiver digunakan dalam aromaterapi untuk relaksasi, dan penelitian menyatakan bahwa ia bahkan memiliki sifat anti-kecemasan yang mirip dengan obat pereda kecemasan resep tertentu. Pijat tetesan minyak esensial vetiver baik di pergelangan tangan dan lubang hidung. 

2. Minyak Esensial Bergamot

Minyak lain yang bisa menghilangkan stres dan kecemasan adalah Bergamot. Ini memiliki aroma jeruk. Minyak ini diteliti dan terbukti efektif dalam mengurangi stres, kecemasan, dan meningkatkan mood secara keseluruhan. Perhatikan bahwa minyak jeruk ini membuat kulit menjadi sensitif, jadi hindari menggunakannya sebelum keluar rumah di bawah sinar matahari. Selalu campur dengan minyak pembawa sebelum mengaplikasikannya pada kulit.

3. Minyak Esensial Lavender

Minyak esensial paling populer untuk digunakan dalam aromaterapi, yang satu ini terkenal untuk meredakan kecemasan dan suasana hati. Dikatakan mempengaruhi sistem limbik, yang merupakan bagian otak yang mengontrol emosi Anda. Untuk menikmati manfaat minyak esensial lavender, tambahkan beberapa tetes ke dalam air mandi dan nikmati pengalaman mandi yang menenangkan.

2 dari 2 halaman

4. Minyak Esensial Jasmine

Yang ini memiliki aroma bunga, yang dikenal banyak orang. Minyak esensial ini membantu menenangkan sistem saraf jika terhirup dan akan memberi Anda energi. Aroma minyak ini juga merupakan afrodisiak yang populer.

5. Minyak Esensial Clary Sage

Minyak esensial ini berasal dari bunga mekar memiliki aroma kayu yang manis. Ia memiliki kemampuan menenangkan yang membantu meredakan ketegangan dan mengontrol kadar kortisol dalam tubuh manusia. Kortisol dikenal sebagai hormon stres, dan lonjakan hormon inilah yang membuat Anda berisiko mengalami depresi dan kecemasan. Clary sage juga membantu mengatasi gejala PMS dan nyeri haid. Anda dapat mencampur beberapa tetes dengan minyak pembawa dan memijatnya di tubuh.

6. Minyak Esensial Kemenyan

Ini memiliki aroma musky manis yang dipercaya dapat membantu meredakan kecemasan. Minyak esensial ini juga dikenal memiliki khasiat penyembuhan lain yang membantu mengatasi radang sendi, radang sendi, fungsi usus, asma dan banyak lagi. Buat campuran kemenyan dengan minyak penghilang stres lainnya dan minyak pembawa, nikmati perpaduan ini dengan pijat kaki atau tangan.

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman