Sukses

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menyiapkan Makanan

Hindari kemungkinan kesalahan ini saat menyiapkan makanan.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang lezat dan bergizi selalu diminati, tetapi menemukan waktu untuk menyiapkannya adalah masalah lain. Itulah mengapa meluangkan satu hari untuk menyiapkan semua makanan Anda selama seminggu bisa menjadi solusi yang baik.

Bayangkan saat membuka lemari es Anda melihat seikat makanan lezat dimasak, ditumpuk, dan menunggunya untuk disantap.

Melansir dari laman womenshealthmag.com, Anda harus tahu bagaimana menghindari kesalahan umum dalam mempersiapkan makanan untuk hari-hari kedepan. Jika tidak, setengah hasil dari belanja makanan Anda akan dibuang.

1. Membuat Terlalu Banyak Makanan

Tidak semua makanan akan bertahan lama. Untuk menjaganya tetap segar, Anda harus meletakkan makanan yang disiapkan sebelumnya pada lemari es, itupun hanya terbatas tiga hingga empat hari saja.

Sebagai alternatif, Anda bisa membuat makanan selama seminggu, lalu menyimpan setengahnya di lemari es dan setengahnya lagi di freezer untuk dicairkan dan digunakan di akhir minggu. Setelah membagi makanan ke dalam wadah penyimpanan, keluarkan selotip dan spidol dan beri label pada setiap wadah dengan tanggal kedaluwarsa.

2. Menyimpan dengan Cara yang Salah

Terlepas dari wadah yang dipilih, cara menyimpan makanan itulah yang paling penting untuk menjaga makanan agar tetap segar dan lezat.

The USDA merekomendasikan menempatkan makanan yang ingin disimpan untuk nanti ke dalam wadah yang lebih kecil dan menyimpannya dalam kulkas bahkan jika itu panas.

Bakteri tumbuh lebih lambat di lingkungan yang dingin, jadi semakin cepat Anda mendinginkan makanan, semakin baik.

Aturan praktis lainnya yakni kemas makanan kering dan basah secara terpisah untuk mencegah piring menjadi basah. Balutan dan saus harus tetap berada di wadahnya sendiri sampai siap untuk dimakan.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Wadah Makanan Tidak Bersih

Saat siap untuk membagi porsi makanan buatan Anda, wadah bersih adalah suatu keharusan. Namun, sulit untuk menemukan sisa makanan misalnya potongan keju atau sejenisnya yang terkadang masih menempel walau sudah dicuci. 

Menemukan bintik-bintik makanan yang mengeras di piring dan mangkuk yang sudah dibersihkan akan sangat menyebalkan.

Untuk menghindari hal ini, cucilah dengan benar piring makan Anda dengan formula pencuci piring yang bagus untuk menghilangkan noda makanan yang tersisa. Jangan biarkan lagi sisa makanan menempel pada wadah makanan yang nantinya mengeras.

4. Menyetel Suhu Lemari Es Terlalu Tinggi

Pengaturan suhu lemari es direkomendasikan sekitar 40 derajat atau lebih dingin untuk mencegah penyebaran bakteri.

Untuk kesegaran optimal, lebih rendah lagi dapat setel lemari es Anda ke suhu sekitar 35 hingga 38 derajat untuk menjaga berbagai jenis makanan dalam kondisi puncak dan memperhitungkan ketidakteraturan dalam termometer.

3 dari 3 halaman

5. Makan Makanan Busuk

Lupa tentang tanggal kadaluwarsa makanan adahal hal yang buruk. Ketika makanan mulai membusuk, biasanya muncul bau atau penampilannya akan berubah. Perhatikan apakah ada bercak berjamur, area lembek atau terasa berlendir pada makanan.

Berhati-hatilah, terutama jika menyangkut makanan jenis daging dan produk susu. Jika sudah menyimpan di lemari es tetaplah untuk makan segera dan makan itu sebelum tanggal kedaluwarsa. Ambil bagian itu terlebih dahulu saat Anda mengidam atau lapar tengah malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.