Sukses

Alasan Harus Move On dari Kesalahan Masa Lalu

Liputan6.com, Jakarta Kesalahan di masa lalu adalah bagian dari hidup. Semua pasti pernah melakukannya di beberapa titik kehidupan, beberapa telah mengubah arah hidup, dan beberapa lain entah bagaimana bisa dikelola tetapi meninggalkan dengan pelajaran tertentu untuk diingat. 

Namun, kesalahan terbesar yang mungkin bisa dilakukan seseorang adalah menghentikan hidupnya hanya dengan duduk dan memikirkan kesalahan masa lalu.

Hidup adalah tentang menjaga pertunjukan tetap berlangsung. Anda kadang-kadang akan jatuh dan saat-saat lemah, tetapi itu tidak pernah menjadi alasan yang cukup untuk berhenti menjalani hidup. 

Seseorang perlu menerima kenyataan bahwa kesalahan adalah bagian dari kehidupan dan bahwa kita semua membuatnya.

Melansir dari magforwoman, ini semua tentang alasan melupakan kesalahan masa lalu dan bergerak ke depan.

1. Tidak ada hal baru untuk ditawarkan

Itu sudah terjadi. Anda ada di sana saat itu terjadi, dan mengalaminya secara langsung.  Memikirkannya berulang kali hanya akan membuatnya tetap terngiang di kepala dan tidak melakukan apa pun. 

Tidak ada hal baru yang akan muncul, dan tidak ada jenis perasaan baru untuk dialami kecuali kesengsaraan dan kesedihan yang terus berputar. Jadi sebaiknya bebaskan diri Anda dari siksaan seperti itu dan lanjutkanlah hidup.

2. Tidak dapat diubah sekarang

Jika saat itu tidak dapat melakukan apa pun untuk memperbaiki kerusakan, tidak mungkin Anda melakukan sesuatu sekarang untuk mengubah situasi itu. 

Apa yang sudah selesai, ya selesai dan tidak mungkin mengubah apa pun sekarang. Tidak ada modifikasi atau perbaikan yang dapat terjadi. Lalu mengapa membuang waktu Anda untuk sesuatu yang tidak produktif dan tidak dapat diubah?

3. Hal negatif akan menghambat masa kini dan masa depan

Getaran buruk yang berasal dari ingatan akan kesalahan masa lalu akan memengaruhi suasana hati dan keadaan pikiran saat ini. 

Ini akan menurunkan efisiensi dan memengaruhi minat Anda pada segala hal yang berkaitan dengan masa kini dan masa depan. Dengan kata lain, Anda membiarkan sebagian kecil dari hidup memengaruhi bagian utama yang tersisa darinya.

 

2 dari 3 halaman

4. Itu terjadi kepada semua orang

Tidak masalah untuk memaafkan diri sendiri dan melanjutkan hidup. Itu bukan sesuatu yang hanya terjadi padamu. Hal-hal seperti ini terjadi pada setiap orang. Ada banyak orang yang membuat kesalahan dan mereka semua terus maju. Itu karena move on adalah cara yang benar dalam menjalani hidup, itulah yang dilakukan setiap orang dan itulah yang juga harus Anda lakukan.

5. Buatlah menjadi pelajaran baik

Kesalahan yang Anda buat pasti telah memberi pelajaran baik. Mereka membuat kita menyadari di mana letak kesalahan dan itu adalah sesuatu yang akan melekat pada Anda selama sisa hidup. Jadi ambillah pembelajaran itu dengan langkah maju dan lanjutkan, pastikan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

6. Berpindah fokus

Sekarang saatnya untuk melanjutkan dan membuat rencana ke depan. Fokus haruslah pada apa yang harus dilakukan selanjutnya dan bagaimana menjaga hidup tetap maju daripada terus-menerus melihat ke belakang. Itu bisa terjadi ketika Anda benar-benar dan secara sadar berusaha melupakan kesalahan masa lalu dan melihat ke depan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini