Sukses

Ingin Tidur Nyenyak? Coba Semprotkan Minyak Esensial DIY Ini

Liputan6.com, Jakarta Selama di rumah mungkin telah memengaruhi siklus tidur kita sedemikian rupa. Baru tidur pada pukul 3 pagi tampak seperti kebiasaan baru. 

Bahkan tidur lebih lama tidak membantu lagi. Jika rutinitas menutup mata Anda gagal, yakinlah bahwa Anda tidak sendirian.

Karena, siklus tidur yang kacau adalah masalah yang perlu segera diperhatikan. Melansir dari timesofindia.com, Rabu (19/8/2020), berikut ini solusi menyemprotkan dengan mudah yang dapat dilakukan di rumah untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak setiap hari. Yang Anda butuhkan hanyalah tiga bahan sederhana:

-       Air suling minyak

-       Lavender

-       Minyak chamomile -Rosewater

-       Botol semprot untuk menyimpan ini

Proses Pembuatannya:

Pertama-tama, ambil botol yang praktis dan mulailah menambahkan minyak esensial, satu per satu (15-20 tetes minyak lavender dan 10 tetes minyak chamomile) ke dalam botol.

Anda juga dapat menggunakan corong kertas untuk memasukkannya dengan mudah. Setelah itu tuangkan air dan air mawar ke dalam botol dengan jumlah yang sama.

Setelah selesai, aduk rata. Menggunakan air suling akan memastikan tidak ada kotoran. Ini juga membantu memperpanjang umur diffuser minyak esensial Anda.

Tutup nosel dengan baik dan simpan di dekat sisi tempat tidur. Semprotkan minyak ini di bantal atau di celah-celah tempat tidur sebelum tidur. Parfum alami ini juga dapat disemprotkan pada pakaian untuk relaksasi.

Anda juga dapat menambahkan lebih banyak tetes minyak esensial ke dalam campuran jika membutuhkan larutan yang lebih manjur. 

Pastikan untuk menyimpannya di tempat yang sejuk. Jangan menyemprotkan ini ke bantal, sprei atau kain yang sudah basah atau lembap.  

Mencobalah Aromaterapi untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

Aromaterapi adalah media yang baik untuk membantu tubuh rileks dan tidur nyenyak. Campuran minyak esensial ini bekerja seperti alat bantu tidur alami yang membantu tubuh rileks dan menghilangkan stres setelah seharian bekerja keras. Ini mengandung minyak alami yang menenangkan saraf dan melepaskan ketegangan. 

Sementara lavender menambahkan keharuman yang indah bersama dengan air mawar, kamomil sering disebut sebagai "obat penenang" ringan atau agen pemicu tidur.

 Manfaat Menggunakan Esensi Chamomile

Chamomile telah ditemukan mengandung catatan antioksidan yang kuat di dalamnya, 'apigenin' yang membantu menenangkan tubuh. 

Ini secara langsung mengikat reseptor di otak yang terkait dengan kecemasan dan karenanya, menyebabkan tidur. Orang yang sulit tidur atau mengalami kecemasan kronis sering kali disarankan untuk minum teh kamomil untuk menghilangkan stres dan melepas lelah. 

Kamomil juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda jika dikonsumsi dalam jumlah sedang secara teratur.

 

2 dari 2 halaman

Bagaimana Lavender Membantu?

Lavender juga telah diuji secara luas karena manfaatnya yang menghilangkan stres. Ahli menyarankan penggunaan bunga lavender (kelopak) atau minyak alami di lingkungan apa pun untuk meningkatkan kualitas tidur, mengurangi kecemasan, dan kesehatan secara keseluruhan.

Aman Digunakan

Baik dihirup atau dikonsumsi sebagai bantuan pengobatan, kedua minyak ini bersifat terapeutik dan aman digunakan. Namun, orang harus berhati-hati dengan kuantitasnya. Kamomil yang berlebihan diketahui menyebabkan reaksi hipersensitif dan alergi.

Jika akhir-akhir ini Anda mengalami kesulitan tidur nyenyak, membuat perubahan tertentu pada gaya hidup Anda dapat membantu. Ingat tips ini:

-     Kamar tidur harus gelap dan bebas dari gangguan apa pun.

-     Batasi penggunaan layar hp atau laptop sebelum pergi tidur.

-     Pantau diet dan aktivitas fisik Anda dengan baik. Terlalu sedikit olahraga juga bisa menyebabkan masalah tidur.

-     Dengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur.

-     Jaga jadwal tidur dan bangun yang tepat.

-     Cobalah metode penyembuhan alami, seperti meditasi untuk menenangkan tubuh. Ada banyak sumber daya yang tersedia secara online.

-     Hindari mengonsumsi kafein berlebihan sepanjang hari.

-     Jika memungkinkan, pasang filter cahaya biru pada ponsel Anda, yang dapat membatasi cahaya biru yang mengganggu produksi melatonin dan mengganggu ritme sirkadian alami tubuh.

 Reporter: Erna Sulistyowati