Sukses

Yuk, Berkebun Sayuran dan Bumbu Dapur Hanya dengan Air

Liputan6.com, Jakarta Sayuran dan bumbu dapur yang murah dan dapat dibeli banyak, terkadang hanya menjadi sampah dan dibuang. Jika ingin mengurangi sampah dan juga lebih menghemat, Anda bisa menggunakan wadah di dapur yang sudah jelek dan tidak terpakai untuk berkebun secara sederhana yang bahkan tidak menggunakan kompos.

Secara teknis Anda dapat menumbuhkan kembali sayuran dan bumbu dapur yang sering dipakai, seperti  daun bawang ataupun bawang dengan potongan buah atau akar dan air.

Berikut adalah beberapa tanaman yang masuk akal, mudah dan bermanfaat yang dapat Anda tanam kembali selama memiliki sedikit sinar matahari dan hanya butuh segelas air, melansir laman lifehacker, Minggu (3/5/2020).

Selada

Ambil bagian bawah hati dan letakkan dalam toples dengan sekitar satu sentimeter air. Letakkan di ambang jendela dekat sinar matahari. Kemudian ganti air setiap satu atau dua hari. Dalam beberapa hari Anda akan memiliki beberapa daun tumbuh.

Dari sana, biarkan selada tumbuh, memotong daun coklat yang layu di bagian luar. Saat Anda memiliki cukup daun hijau yang tumbuh, makanlah. Anda dapat melakukan ini dengan sebagian besar selada merah dan hijau lainnya juga.

Bawang merah

Bawang  adalah sisa makanan termudah untuk tumbuh kembali. Ambil saja sisa akar bawang, taruh dalam gelas dengan air yang cukup untuk menutupinya, dan gerakkan bawang di sekitarnya sehingga akarnya mengarah ke bawah.

Pastikan  mengganti air sekali setiap dua hari sehingga tidak menjadi berminyak. Dalam waktu sekitar satu minggu akan memiliki satu set daun bawang yang baru. 

Kecambah Bawang Putih

Kecambah bawang putih biasanya dipotong dan dibuang sebagai tanda Anda telah meninggalkan bawang putih terlalu lama, tetapi mereka dapat dimakan jika  mendapatkan potongan yang tepat. Mereka memiliki rasa yang enak tetapi kurang abrasif daripada satu siung bawang putih dan menjadi topping yang baik saat mereka tumbuh. T

unas awal terasa pahit dan mengerikan, jadi Anda harus menumbuhkannya sedikit lebih dulu. Jika Anda memiliki cengkeh bawang putih dengan kecambah hijau, tarik ke samping dan masukkan ke dalam toples kecil dengan air yang cukup untuk menutupi bagian bawah toples. Dalam beberapa hari, cengkeh akan menghasilkan akar, dan tak lama setelah kecambah akan naik setinggi beberapa inci. Ketika tingginya setidaknya tujuh sentimeter, Anda dapat memotong sekitar 1/3 dari bidikan.

Adas

Adas memiliki rasa yang cukup kuat sehingga jarang Anda membutuhkan lebih dari jumlah kecil. Jika ingin menyimpannya setiap saat, ada baiknya menumbuhkannya kembali. Ambil saja bohlam, masukkan ke dalam cangkir, dan isi dengan air sehingga bohlam tertutup. Tempelkan stoples itu di bawah sinar matahari dan dalam beberapa hari akan mulai tumbuh. Ganti air setiap beberapa hari dan potong sedikit adas saat Anda membutuhkannya.

Daun bawang

Daun bawang sangat lezat untuk sup, dan ternyata a mudah disimpan karena  tumbuh di air semudah bawang merah. Ambil saja dasar daun bawang , tutupi dengan air, dan biarkan di jendela dengan sinar matahari selama beberapa hari. Anda harus mulai melihat mereka berkecambah segera, dan dalam waktu seminggu atau lebih Anda akan dapat memotong bagian untuk digunakan untuk memasak.

 

Reporter: Tiara Sekarini