Sukses

Kancil Melaju di Jalan-Jalan Ibu Kota

Angkutan kota pengganti Bajaj ini telah dioperasikan secara resmi oleh Pemda Jakarta sejak Rabu kemarin. Untuk sementara, Kancil hadir hanya dalam jumlah terbatas, yakni 24 unit di lima wilayah di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Kancil kini terlihat di jalan-jalan di Jakarta. Tapi, Kancil yang satu ini bukan bintang yang dikenal cerdik dalam cerita rakyat. Kancil hanya nama kendaraan yang nantinya menggantikan Bajaj sebagai angkutan umum masyarakat kelas menengah ke bawah di Ibu Kota.

Kancil hadir sementara dalam jumlah terbatas, yakni 24 unit di lima wilayah di Jakarta, sejak Rabu (24/11). Karena jumlah yang dioperasikan masih terbatas, pengemudi Kancil harus bergantian mengoperasikannya.

Angkutan ini juga baru memiliki satu pool yang berlokasi di Jalan Haji Kelik, Jakarta Barat. Menurut Mariun, Kepala Pool Kancil Haji Kelik, Kancil beroperasi mulai pukul 05.00 WIB pagi sampai pukul 24.00 WIB.

Tarif Kancil tak jauh beda dengan Bajaj. Penumpang boleh menawar harga sesuai jarak yang ditempuh. Tapi Kancil jauh lebih nyaman dari Bajaj. Penumpang duduk di depan dan diwajibkan menggunakan sabuk keselamatan. Penumpang juga diberi selembar pengumuman untuk menyalurkan keluhan mereka jika merasa tidak nyaman.

Sejak awal dicetuskan Pemerintah Daerah Jakarta, Kancil telah ditolak para pengemudi Bajaj. Kehadiran Kancil diyakini akan membuat Bajaj tersingkir dari Jakarta. Tapi, kini, protes hanya tinggal protes. Kancil telah melaju di jalan-jalan Ibu Kota.(AWD/Vivi Waluyo dan Eko Purwanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.