Sukses

Narsis Itu Apa? Ini Tanda, Jenis dan Cara Menghadapinya

Informasi seputar apa itu narsis, ciri-cirinya serta jenis dan cara menghadapinya

Liputan6.com, Jakarta Narsis itu apa? Pertanyaan ini sering muncul saat kita memikirkan perilaku seseorang yang mungkin memiliki kecenderungan narsistik. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan narsis itu apa? Ini bukan sekadar kata-kata, melainkan serangkaian karakteristik yang menggambarkan sifat yang kompleks. Dari rasa berhak yang berlebihan hingga kebutuhan akan pengakuan yang tak terpuaskan, narsis itu apa bisa menjadi lapisan psikologis yang menarik untuk dijelajahi.

Saat mendengar istilah narsis, mungkin terlintas pertanyaan dalam pikiran kita: narsis itu apa sebenarnya? Apakah hanya tentang merasa superior, atau ada lebih banyak yang harus dipahami? Dibalik setiap tindakan dan perilaku yang tampak melebih-lebihkan, terselip kompleksitas yang membuat orang-orang bertanya-tanya, 'Narsis itu apa sebenarnya dalam konteks kehidupan sehari-hari?'

Bagaimana kita mengenali tanda-tanda narsisisme? Apakah kita pernah bertanya pada diri sendiri, 'Narsis itu apa dalam hubungan personal?' Mungkin kita mulai mempertanyakan bagaimana dinamika interaksi dengan orang-orang yang memiliki ciri-ciri narsistik. Namun, memahami narsis itu apa bukan hanya tentang mengenali gejala, tetapi juga tentang menavigasi kompleksitas emosi dan hubungan yang terkadang melibatkan sisi-sisi tersembunyi dari keegoisan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber informasi seputar apa itu narsis, ciri-cirinya serta jenis dan cara menghadapinya, pada Rabu (8/5).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa Itu Narsis?

Narsis adalah keterlibatan diri yang ekstrem sehingga membuat seseorang mengabaikan kebutuhan orang-orang di sekitarnya. Meskipun setiap orang mungkin menunjukkan perilaku narsistik sesekali, namun narsisisme sejati seringkali membuat seseorang mengabaikan orang lain atau perasaan mereka. Mereka juga tidak memahami efek perilaku mereka terhadap orang lain.

Penting untuk dicatat bahwa narsisisme adalah sebuah sifat, tetapi juga dapat menjadi bagian dari gangguan kepribadian yang lebih besar. Tidak setiap orang yang memiliki sifat narsistik memiliki gangguan kepribadian narsistik (NPD), karena narsisisme adalah sebuah spektrum. Orang yang berada di ujung tertinggi spektrum tersebut adalah yang diklasifikasikan sebagai NPD, namun orang lain dengan sifat narsistik masih dapat berada di ujung yang lebih rendah dari spektrum narsistik.

Penyebab narsisisme tidak diketahui secara pasti. Namun, hal ini dapat dikaitkan dengan:

  1. Lingkungan. Orang tua Anda mungkin memberikan Anda terlalu banyak pujian atau kritik yang tidak sesuai dengan pengalaman dan pencapaian Anda.
  2. Genetika. Narsisisme dapat terkait dengan karakteristik yang Anda warisi, termasuk beberapa sifat kepribadian tertentu.
  3. Neurobiologi. Ini adalah hubungan antara otak Anda, perilaku, dan pemikiran Anda.

Orang yang menunjukkan tanda-tanda narsis seringkali sangat menawan dan karismatik. Mereka sering tidak menunjukkan perilaku negatif secara langsung, terutama dalam hubungan. Orang yang menunjukkan narsisisme seringkali suka mengelilingi diri dengan orang-orang yang memuji kepercayaan diri mereka. Mereka membangun hubungan untuk memperkuat ide-ide tentang diri mereka sendiri, meskipun hubungan-hubungan ini bersifat dangkal.

3 dari 6 halaman

Jenis-jenis Narsis

Ada dua jenis narsisisme yang perilaku narsistik dapat masuk dalamnya. Kedua jenis ini dapat memiliki ciri-ciri umum tetapi berasal dari pengalaman masa kanak-kanak yang berbeda. Kedua jenis ini juga menentukan cara berbeda orang akan berperilaku dalam hubungan.

1. Narsisisme Grandiose

Orang dengan perilaku ini kemungkinan besar diperlakukan seolah-olah mereka superior atau di atas orang lain selama masa kanak-kanak. Harapan-harapan ini dapat mengikuti mereka saat dewasa. Mereka cenderung berlagak dan menjadi elitis. Mereka dengan narsisisme grandios agresif, dominan, dan melebih-lebihkan kepentingan mereka. Mereka sangat percaya diri dan tidak sensitif.

Contoh: Seorang individu dengan narsisisme grandios mungkin terus-menerus membanggakan prestasi mereka, menganggap diri mereka lebih penting daripada orang lain di tempat kerja, dan sulit menerima kritik karena merasa bahwa mereka selalu benar.

2. Narsisisme Vulnerable

Perilaku ini biasanya merupakan hasil dari pengabaian atau pelecehan saat masa kanak-kanak. Orang dengan perilaku ini jauh lebih sensitif. Perilaku narsistik membantu melindungi mereka dari perasaan tidak memadai. Meskipun mereka bergantian merasa rendah diri dan superior terhadap orang lain, mereka merasa tersinggung atau cemas ketika orang lain tidak memperlakukan mereka seolah-olah mereka istimewa.

Contoh: Seseorang dengan narsisisme yang rentan mungkin sering merasa cemas atau terancam di tempat kerja jika tidak diakui atas kontribusinya, bahkan jika kontribusinya sebenarnya dihargai oleh rekan kerja. Mereka mungkin juga merasa marah atau sedih ketika merasa diabaikan atau tidak diperhatikan.

4 dari 6 halaman

Tanda-tanda Orang Narsis

Narsisisme masih terus dipelajari dan dieksplorasi, karena banyak orang yang menderita narsisisme atau gangguan kepribadian narsistik tidak mencari pengobatan. Namun, ada beberapa ciri umum dari orang dengan perilaku narsistik yang mungkin bisa Anda kenali.

1. Rasa Berhak

Salah satu tanda umum dari orang dengan narsisisme adalah keyakinan bahwa mereka superior daripada orang lain dan layak mendapatkan perlakuan istimewa. Mereka percaya bahwa orang lain harus patuh terhadap keinginan mereka dan bahwa aturan tidak berlaku bagi mereka.

2. Perilaku Manipulatif

Ciri narsisisme lainnya adalah perilaku manipulatif atau mengendalikan. Seorang narsis akan mencoba memuaskan Anda dan mengesankan Anda pada awalnya, tetapi pada akhirnya, kebutuhan mereka akan selalu menjadi prioritas utama. Dalam berhubungan dengan orang lain, narsisis cenderung menjaga jarak tertentu untuk mempertahankan kontrol. Mereka bahkan mungkin mengeksploitasi orang lain untuk mendapatkan sesuatu untuk diri mereka sendiri.

3. Kebutuhan akan Pujian

Salah satu tanda paling umum dari seorang narsis adalah kebutuhan konstan akan pujian atau pengagungan. Orang dengan perilaku ini perlu merasa divalidasi oleh orang lain dan sering kali membanggakan atau melebih-lebihkan prestasi mereka untuk mendapatkan pengakuan. Mereka juga suka merasa dihargai untuk meningkatkan ego mereka.

4. Kurangnya Empati

Kurangnya empati adalah tanda lain dari narsisisme. Ini berarti bahwa narsis tidak mau atau tidak mampu berempati dengan kebutuhan, keinginan, atau perasaan orang lain. Hal ini juga membuat sulit bagi mereka untuk bertanggung jawab atas perilaku mereka sendiri.

5. Arogansi

Orang dengan perilaku narsistik sudah melihat diri mereka sendiri sebagai lebih superior dari orang lain, sehingga mereka mungkin menjadi kasar atau abusive ketika mereka tidak mendapatkan perlakuan yang mereka pikir mereka layakkan. Sementara mereka menganggap diri mereka superior, mereka mungkin berbicara atau bertindak kasar terhadap orang yang mereka anggap sebagai lebih rendah dari mereka.

Ciri-ciri lainnya termasuk:

  • Rasa pentingnya diri, melebih-lebihkan prestasi dan bakatnya
  • Preokupasi dengan fantasi kesuksesan, kekuatan, atau kecerdasan
  • Keyakinan bahwa mereka lebih istimewa atau unik daripada orang lain dan hanya seharusnya bergaul dengan orang-orang berstatus tinggi
  • Rasa iri terhadap orang lain atau keyakinan bahwa orang lain iri terhadap mereka
  • Bersikeras bahwa mereka memiliki yang terbaik dari segalanya
  • Merasa mereka berhak mendapatkan hak istimewa dan perlakuan khusus
5 dari 6 halaman

Ketika Narsis Menjadi Gangguan Mental

Narsis sebagai gangguan kepribadian muncul ketika kemampuan seseorang untuk berfungsi dan berinteraksi dengan orang lain terganggu. Menurut Holly Crisp-Han, MD, seorang psikiater dan profesor klinis di Baylor College of Medicine di Houston serta salah satu penulis Narcissism and Its Discontents, setiap orang memiliki kecenderungan narsistik dari waktu ke waktu.

Namun, kecenderungan tersebut menjadi gangguan kepribadian ketika kemampuan seseorang untuk berfungsi dan berinteraksi dengan orang lain terganggu. Secara terang-terangan, orang dengan NPD (Narcissistic Personality Disorder) menunjukkan kepercayaan diri yang ekstrim, kerinduan akan perhatian, dan kurangnya empati terhadap orang lain. Namun, di balik fasad kepercayaan diri ini, mereka biasanya menderita harga diri yang rapuh yang membutuhkan validasi konstan, disertai dengan perasaan sedih atau tidak memadai serta ketidakmampuan untuk membentuk hubungan yang langgeng.

"Sindrom klinis dari narsisisme adalah gangguan kepribadian narsistik," kata Ramani Durvasula, PhD, seorang profesor emerita psikologi di California State University di Los Angeles. "Ini adalah pola yang persisten dan patologis dan menyebabkan penderitaan dan disfungsi pada individu tersebut."

Seseorang yang didiagnosis dengan narsisisme cenderung menunjukkan beberapa dari ciri berikut dengan cara yang menunjukkan bahwa mereka menganggap diri mereka superior:

  • Menganggap diri sangat penting.
  • Tidak menerima kritik dengan baik.
  • Memiliki rasa potensi keberhasilan yang berlebihan.
  • Memiliki kebutuhan untuk dipuja.

"Jika merasa superior atau memiliki ide-ide besar tentang tempat Anda di dunia menghalangi kebahagiaan hidup Anda, saatnya untuk berbicara dengan profesional kesehatan mental untuk mendiskusikan pengobatan yang membantu Anda menjalani hidup yang terbaik," kata Dr. Crisp-Han.

Studi telah membedakan antara narsisisme grandios dan narsisisme yang rentan atau hipersensitif, bukan sebagai ciri yang berbeda namun sebagai manifestasi dari fenomena yang sama. Narsisisme grandios dikaitkan dengan tampilan superioritas, hak istimewa, dan perilaku ekstrovert. Narsisisme yang rentan juga melibatkan perilaku yang egois, tetapi dikaitkan dengan kesadaran diri, ketidakamanan, dan introversi.

6 dari 6 halaman

Bagaimana Menghadapi Seorang yang Narsisis?

Dengan perlakuan yang tepat, beberapa orang narsisis dapat belajar untuk mengenali perilaku mereka. Ini dapat meningkatkan kehidupan mereka dan kehidupan orang-orang di sekitar mereka. Namun, narsisis seringkali tidak mencari bantuan karena hal tersebut tidak sesuai dengan gambaran yang mereka miliki tentang diri mereka sendiri. Mereka mungkin membutuhkan dorongan untuk mencari bantuan profesional.

Jika Anda berada dalam hubungan dengan seorang narsisis, Anda mungkin dapat mengubah dinamika hubungan Anda. Mungkin memungkinkan untuk mengubah cara pasangan Anda melihat Anda untuk membantu mengurangi efek perilaku narsistik mereka.

Jika Anda mengenali narsisme dalam diri Anda, Anda dapat belajar untuk memiliki lebih banyak rasa kasih terhadap diri sendiri. Ini berarti memperlakukan diri Anda dengan baik daripada membandingkan diri Anda dengan orang lain. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan Anda akan pujian dan pengakuan.

Jika Anda berada dalam hubungan dengan seorang narsisis, cobalah langkah-langkah ini:

  • Edukasi diri. Ketahui lebih banyak tentang gangguan tersebut. Ini dapat membantu Anda memahami kelebihan dan kelemahan narsisis serta belajar cara mengatasinya dengan lebih baik. Mengetahui siapa mereka dapat juga memungkinkan Anda untuk menerima situasi apa adanya dan memiliki harapan yang realistis.
  • Buat batasan. Jadilah jelas tentang batasan Anda. Ini mungkin membuat narsisis menjadi kecewa atau kecewa, tetapi itu tidak apa-apa. Ingatlah, bukan tugas Anda untuk mengendalikan emosi orang tersebut, kata Kimberly Perlin, seorang pekerja sosial klinis berlisensi di Townson, MD.
  • Berkomunikasi untuk diri sendiri. Ketika Anda membutuhkan sesuatu, bersikaplah jelas dan singkat.
  • Perhatikan kata-kata Anda. Narsisis tidak menerima kritik yang membangun dengan baik. Cobalah untuk memberikan komentar dengan cara yang hati-hati dan positif.
  • Tetap tenang. Cobalah untuk tidak bereaksi jika mereka mencoba memicu pertengkaran atau mempengaruhi pemikiran Anda (membuat Anda meragukan realitas Anda sendiri). Jika mereka marah, pikirkan mereka seperti seorang anak berusia 3 tahun yang merasa ditolak karena orang tuanya menetapkan waktu tidur.
  • Buat sistem dukungan. Hidup dengan seorang narsisis dapat menyebabkan perasaan tidak aman, kebingungan, dan keraguan diri. Pastikan Anda memiliki kelompok inti orang di hidup Anda untuk mendukung Anda.
  • Libatkan konselor. Terapi tidak akan menyembuhkan narsisme pasangan Anda, tetapi itu mungkin dapat membantu Anda menyelesaikan beberapa masalah. Seorang konselor dapat menunjukkan cara-cara untuk mendekati pemecahan masalah dengan narsisis.

Hal-hal tertentu dapat memicu masalah dengan seorang narsisis. Sebaiknya hindari:

  • Bertengkar atau konfrontasi. Cobalah untuk tidak menghadapi seorang narsisis secara langsung. Seberat apapun itu untuk terus-menerus berjalan tipu-tipu di sekitar mereka, bisa lebih baik untuk mengelola kebutuhan mereka untuk merasa berkuasa.
  • Mengarahkan mereka. Narsisis suka memiliki kontrol dan seringkali takut kehilangannya. Upaya untuk memimpin atau mengarahkan mereka seringkali akan gagal.
  • Mengharapkan mereka melihat sudut pandang Anda. Narsisis tidak suka mengakui ketika mereka salah atau bahwa mereka tidak layak untuk dicintai, jadi mencoba membuat mereka melihat hal-hal dari sudut pandang Anda bisa berbalik melawan Anda.
  • Mengharapkan komunikasi yang mendalam dan bermakna. Narsisis memiliki empati yang sangat sedikit, jadi komunikasi yang jujur dan tulus seringkali tidak sampai ke mereka dan bahkan bisa menciptakan tanggapan marah atau penolakan.
  • Mengulangi masalah masa lalu. Jangan mencoba membuat mereka melihat garis perilaku panjang yang sudah ada selama bertahun-tahun – atau bagaimana mereka sama seperti ayah mereka, misalnya, Perlin mengatakan. Sebaliknya, tetaplah di masa sekarang ketika Anda menyampaikan permintaan atau perasaan yang terluka.

Orang dengan gangguan kepribadian narsistik biasanya tidak berubah, jadi ingatlah itu. Meskipun Anda belajar untuk mengelola hubungan Anda dengan lebih baik, itu mungkin tidak akan pernah menjadi hubungan yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.