Sukses

Apa Itu Narsis? Pahami Karakteristik dan Cara Mengatasinya

Informasi seputar apa itu narsis

Liputan6.com, Jakarta Apa itu narsis? Narsis adalah sebuah konsep psikologis yang mengacu pada sifat atau perilaku yang berlebihan dalam rasa kebanggaan pada diri sendiri. Orang yang memiliki sifat narsis cenderung memiliki kecenderungan untuk selalu mengagung-agungkan diri sendiri dan seringkali merasa lebih unggul dari orang lain. Apa itu narsis? Narsis juga bisa diartikan sebagai kecenderungan untuk terlalu mengutamakan diri sendiri, sehingga seringkali mengabaikan perasaan atau kebutuhan orang lain.

Pada dasarnya, narsis dapat dilihat sebagai sebuah sifat kepribadian yang muncul sebagai respons dari kebutuhan individu untuk dipuji atau diakui keberadaannya. Apa itu narsis? Narsis juga seringkali dihubungkan dengan rasa tidak percaya diri yang berlebihan, sehingga individu yang narsistik seringkali mencari konfirmasi dari orang lain terhadap keunggulan dirinya. Narsis juga dapat dianggap sebagai bentuk pertahanan diri terhadap rasa tidak aman yang muncul dalam diri seseorang.

Namun, narsis bisa menjadi sebuah masalah jika berlebihan dan mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang. Apa itu narsis? Narsis umumnya disebabkan oleh kombinasi faktor genetik, lingkungan, dan pengalaman hidup individu. Sedangkan asal-usulnya bisa dilihat dari sikap yang dilewati oleh individu saat kecil atau pengalaman traumatis yang meninggalkan bekas pada dirinya. Di artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai ciri-ciri dan penyebab narsis, serta bagaimana cara mengatasinya.

Untuk lebih jelasnya,berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari Psychology Today, informasi seputar apa itu narsis pada Selasa (30/1).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Narsis?

Narsis memiliki tempat yang menonjol dalam imajinasi populer, dan label "narsis" secara luas digunakan untuk merujuk pada orang-orang yang terlihat terlalu percaya diri. Ada juga rasa yang semakin berkembang bahwa narsisisme sedang meningkat di seluruh dunia, terutama di kalangan orang muda, meskipun sebagian besar penelitian psikologis tidak mendukung gagasan tersebut.

Narsisisme sebaiknya dilihat sebagai sebuah spektrum. Sifat tersebut terdistribusi secara normal di populasi, dengan sebagian besar orang memiliki skor mendekati tengah, dan beberapa di kedua ekstrem. Instrumen pengukuran yang paling umum digunakan untuk mengukur sifat ini adalah Inventario Kepribadian Narsistik (NPI), yang dikembangkan oleh Robert Raskin dan Calvin S. Hall pada tahun 1979. 

Skor berkisar dari 0 hingga 40, dengan rata-rata cenderung berada di rentang rendah hingga pertengahan. Individu yang sehat dan mendapatkan skor agak tinggi mungkin akan dianggap sangat menawan, terutama pada pertemuan pertama, tetapi pada akhirnya terlihat sombong. Individu seperti ini mungkin memiliki pertemuan personal yang canggung atau stres tetapi masih memiliki kepribadian yang secara fundamental sehat.

3 dari 5 halaman

Ciri-ciri Narsis

Mudah untuk menggambarkan seseorang yang menghabiskan terlalu banyak waktu berbicara tentang karirnya atau yang tampaknya tidak pernah meragukan dirinya sendiri sebagai seorang narsis, tetapi sifat tersebut lebih kompleks daripada itu. 

Narsisisme tidak selalu mencerminkan kelebihan rasa percaya diri atau ketidakamanan; lebih tepatnya, ini mencakup hasrat untuk dihargai atau diagumi, keinginan untuk menjadi pusat perhatian, dan harapan akan perlakuan khusus yang mencerminkan status yang dirasakan lebih tinggi. 

Menariknya, penelitian menemukan bahwa banyak orang yang sangat narsis seringkali dengan mudah mengakui bahwa mereka lebih mementingkan diri sendiri. Tingkat narsisisme yang tinggi, tidak mengherankan, dapat merugikan dalam hubungan romantis, keluarga, atau profesional.

Bagaimana cara mengenali seorang narsis?

Narsisisme ditandai oleh rasa penting diri yang besar, kurangnya empati terhadap orang lain, kebutuhan akan pujian berlebihan, dan keyakinan bahwa dirinya unik dan berhak mendapatkan perlakuan khusus. Jika Anda berhadapan dengan seseorang yang secara konsisten menunjukkan perilaku-perilaku ini, mungkin Anda berurusan dengan individu yang sangat narsis.

Apa perbedaan antara narsisme dan narsisme patologis?

Narsisme patologis, atau gangguan kepribadian narsistik, merupakan hal yang jarang terjadi: Ini memengaruhi sekitar 1 persen dari populasi, prevalensi yang tidak berubah sejak para klinisi mulai mengukurnya. Gangguan ini dicurigai ketika ciri-ciri narsistik mengganggu fungsi sehari-hari seseorang. Disfungsi tersebut biasanya menyebabkan gesekan dalam hubungan karena kurangnya empati narsis patologis. 

Ini juga dapat muncul sebagai sikap antagonis, yang dipicu oleh rasa megah dan pencarian perhatian. Dalam melihat diri mereka sendiri sebagai superior, narsis patologis secara alami melihat semua orang lain sebagai inferior dan mungkin tidak toleran terhadap perbedaan pendapat atau pertanyaan.

 

 

4 dari 5 halaman

Bagaimana Mengatasi Seorang Narsis

Menavigasi hubungan dengan seorang narsis bisa sangat frustrasi dan menyedihkan. Dalam pencarian mereka untuk kontrol dan pengaguman, orang narsis dapat memanipulasi dan mengeksploitasi orang lain, merusak harga diri mereka, bahkan bertujuan untuk mengubah persepsi realitas mereka. 

Berdebat dengan seorang narsis tentang tindakan mereka seringkali tidak menghasilkan apa-apa. Solusi yang lebih berhasil adalah menetapkan batasan dan menjauhkan diri secara emosional. Sadari bahwa Anda mungkin tidak dapat mengendalikan perasaan Anda terhadap seseorang, tetapi Anda dapat mengendalikan bagaimana Anda merespons mereka. 

Memutuskan hubungan dengan pasangan, anggota keluarga, atau atasan yang narsis mungkin akhirnya menjadi solusi terbaik, jika bukan satu-satunya. Dalam proses tersebut, penting untuk merenungkan karakteristik individu tersebut untuk menghindari menemui diri Anda dalam skenario serupa di masa depan.

Apa strategi untuk mengatasi seorang narsis?

Mengakui frustasi Anda, menghargai asal mula perilaku tersebut, dan menolak untuk kehilangan tujuan hidup Anda ketika seorang narsis mengambil peran sentral adalah strategi kunci, di antara yang lainnya. Peneliti yang mengklasifikasikan narsis sebagai rentan atau megah berargumen bahwa pendekatan khusus diperlukan untuk setiap tipe.

Bagaimana cara menghadapi atasan yang narsis?

Kelola harapan Anda, sesuaikan kesuksesan Anda dengan kesuksesan atasan Anda, tetapkan batasan, dan jangan mencoba berdebat, membela diri, atau menjelaskan diri. Taktik-taktik ini dan lainnya dapat membantu Anda menavigasi seorang narsis di tempat kerja.

5 dari 5 halaman

Narsis dalam Hubungan

Hasrat seorang narsis untuk mendapatkan pujian dan pengagungan, terutama dari calon pasangan, sering membuat mereka bersikap menawan dan karismatik, sifat-sifat yang dapat dengan cepat memicu percintaan. Namun, kurangnya empati yang melekat pada diri mereka mungkin mencegah mereka memahami dunia batin pasangan dan membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan.

Begitu sulit bagi orang dengan gangguan kepribadian narsistik untuk benar-benar jatuh cinta dan membangun kemitraan yang saling percaya dan setara. Individu semacam itu mungkin berusaha menetapkan aturan yang ketat dalam hubungan dan mencoba mengisolasi pasangan baru dari teman-teman dan keluarga, di antara perilaku-perilaku yang mengkhawatirkan.

Mengapa narsis membuat kesan pertama yang begitu baik?

Penelitian menunjukkan bahwa orang mungkin awalnya tertarik pada narsis karena mereka tampak memiliki rasa harga diri yang lebih kuat daripada yang sebenarnya, sebuah sifat yang sering dihargai oleh orang lain.

Apakah narsis bisa jatuh cinta?

Narsis mungkin menunjukkan gairah dan pesona dalam tahap awal kencan. Tetapi bagi sebagian besar narsis, hubungan bersifat transaksional. Mereka memberikan perhatian positif dan kepuasan seksual untuk memperkuat ego dan harga diri seorang narsis. Tujuannya adalah untuk menikmati kesenangan tanpa komitmen, dan sebagian besar narsis kehilangan minat dalam hubungan saat harapan untuk kedekatan meningkat atau mereka merasa telah menaklukkan tantangan untuk memperoleh hubungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.